Dosanya Beda-beda

Kapan hari gue pernah ngomong gini ke kenalan gue…

“Sebenernya tiap orang dosanya beda-beda so gak adil aja kalo kita gampang menghakimi orang lain tapi gak liat diri sendiri gak beresnya kya apa”

Lupa waktu itu lagi ngomongin apa yang bikin gue ngomong kayak gini, tapi coba kita perhatikan.

Mungkin lo gak mencuri, tapi paling demen bohong.

Mungkin lo gak berzina, tapi paling demen dateng telat ke kantor.

Mungkin lo gak berbohong, tapi suka ngomongin hal jelek tentang orang lain.

Mungkin gue gak ngelakuin semua yang diatas, tapi tiap ortu nasehatin, kerjanya ngebantah mulu.

See? Makanya kalo ada orang lain nyindir kita, pasti dibilangnya, “Ngaca, donk!”

Tentu saja postingan ini tidak bermaksud untuk membuat kita berdiam diri ketika melihat kesalahan, ketika ketidakadilan ditegakkan, ketika fitnah dan dusta dengan leluasanya melenggang kangkung di panggung kehidupan.

Tapi, kalo nasehatin orang juga jangan lebay. Dan sadarilah kalo lagi nasehatin orang sebenernya kita nasehatin diri sendiri. Selain itu, “ngaca” juga bikin kita (seharusnya) lebih mudah bersimpati (kalau belum bisa berempati). Bukan memaklumi kesalahan tapi mencari solusi dan membantu memperbaiki keadaan.

Bagian kita untuk menasehati cukup 1 kali, kalo yang bersangkutan gak mau dengar, silakan serahkan kepada orang-orang yang berkepentingan dan yang berwajib: orangtua, guru BP, pendeta/pastor, ulama, polisi.

5 thoughts on “Dosanya Beda-beda

  1. yes tul itu makanya gw gak pernah berani nasehatin orang yang belum tentu gw juga baik di segi tersebut. Mungkin lebih ke sharing aja dan sama2 belajar dan mengingatkan bareng bukannya mengingatkan hanya satu pihak 😀

      1. yess bener kita bebas beropini jangan sampe egois maunya opini kita paling bener. namanya orangnya aja beda gimana otaknya coba ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s