Rangkuman

Uda lama gak ngeblog dan ku kangen!!! ❤

Nulis sekiranya yang bisa ditulis aja yah~

Jadi gue kan baru pulang dari Lotte Avenue, gue ketemu kenalan gue trading consultant. Kita sebut aja namanya bu AJ. Kenal dia gak lama sejak gue balik ke Jakarta, itu pun karena dikenalin juga ma temen gue. So we’re connected by this mutual friend gitu kira-kira.

Gue uda lama gak kontakan ma bu AJ ini sekitar setahunan pas halo-halo di WA ternyata doi masih inget gue yey! Sekarang uda gak jadi trading consultant lagi dia, tapi masuk ke produk lain. Sebelum gue cerita tentang produk lain ini, gue cerita dikit ya kenapa dia berhenti jadi trading consultant (berhenti = masih jadi, tapi pasif aja gitu).

Waktu gue kenal bu AJ di kuartal 4 – 2016, komoditi emang lagi bagus-bagusnya. Waktu itu di PT-nya dia (untuk mining) ada emas, untuk valas ada CAD, AUD, GBP (gue inget yang bagus-bagusnya aja hahaha) sama index Hongkong. Yang namanya trading ini, kalo kita mau buka account disana, musti deposit minimal USD 50,000. Gue sendiri gak sempet buka account beneran karena keberatan di depositnya, tapi pas simulasi trading GILAAAAA jor-joran banget dapetnya cuy! *baru tau* Masa’ ya jam 07:00 pagi market (pasar trading) buka, gue melek bentar trus transaksi bisa dapet USD 10,000 wkakaka siapa yang gak ngiler coba. Cuman sekali pencet bisa dapet duit buat DP rumah/apartment LOL. Cuman ya itu kita musti pinter-pinter baca grafik dan rajin baca berita internasional, apalagi kalo mainnya di valas, lumayan rentan.

Masuk ke tahun 2017, mulai agak sepi nih market.. Terutama sejak POTUS bikin kelakuan aneh-aneh jadi gak stabil market-nya. Banyak yang rugi bandar sampe ke deposit-depositnya, bahkan bu AJ sampe gak “kerja” 6 bulan, kantor fisik berganti ke virtual office yang tadinya lokasinya di segitiga emas jadi turun level ke ruko doank. Kan syerem ya. Emang trading ini termasuk jenis investasi High Risk High Return so kalo gak siap duit ilang segitu banyak mendingan gausah coba-coba, walopun pas lagi profit bisa  dapet banyak banget juga seperti yang udah gue bilang di atas.

Sampailah akhirnya ke minggu ini, kami janjian ketemu. Pertemuan pertama cuma berdua karena bu AJ ngejelasin produk investasinya dia yang baru, bermain di sektor sumber daya alam (pertanian, perkebunan, perikanan) yang mana sesuai dengan kerinduan gue untuk Indonesia: lebih banyak mengekspor bahan pangan Indonesia ketimbang impor (beras aja impor cuy!), menyejahterakan dan “memintarkan” petani-petani atau nelayan-nelayan Indonesia, me-modern-kan alat-alatnya, serta menumbuhkan jenis budidaya yang baru. Syukur-syukur kalo bisa menggunakan energi terbarukan (angin, air, matahari, biogas) ye kan. Impian banget, investasi jangka panjang 20-30 tahun karena yang ngerasain hasilnya nanti anak-cucu kita, makan sayur buah daging/ikan gaperlu khawatir kena limbah atau racun, jadi lebih sehat, lebih cerdas, lebih bisa diandalkan.

*English subbed*

Nah pertemuan kedua, gue sekalian ketemu salah satu board of directors yang merupakan warga negara Malaysia. Oh iya FYI yang berinvestasi disini kebanyakan bukan orang lokal ya, lebih banyak perusahaan-perusahaan asing yang berminat bergabung, contohnya dari China, Taiwan, Singapore, dan Malaysia. Si Bapak BoD ini bilang, Indonesia itu lahannya bagus, kualitas agrarianya juga bagus, kurang di-maintenance aja. Gue juga sempet tanya-tanya bahan pangan di Malaysia gimana, doi pernah merhatiin prosesnya dari awal ato engga, kualitasnya gimana, dll. Dia bilang masih bagusan Indonesia kemana-mana daripada Malaysia apalagi lahannya cuman “segitu.” Nah denger itu kan gue jadi bangga sekaligus kesel ya sama pemerintahan lama, too many corruptions on the top, kurangnya pendekatan ke desa-desa bikin kita nyari bantuan ke negara lain. Zuzur aja ku malu 😦

Tiga belas juta hektar lahan kosong di Indonesia dan kita gak ngapa-ngapain!!! Gausah sok-sok teriak anti asing lah kalo faktanya kita masih butuh bantuan. Gausah sok-sok teriak anti asing kalo berkontribusi secuil untuk Indonesia pun enggak.

PS: Buat temen-temen yang masih berminat buka account di trading company, ada yang depositnya cuma Rp500k tuh silakan japri gue kalo mau tanya-tanya (gue jawab semampunya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s