Kualitas Produk dan Jasa.

Lagi mau ceritain suasana kantor, gara-gara kemarin bang Anggiat Sagala update status tentang kualitas produk jadi pengen ngebahas punya gue sendiri. 
Suatu hari di tempat bimbel gue, ada satu orang anak inisialnya A (cowok) yang sebenernya udah gabung dari kelas 5 SD. Waktu itu gue belum kerja disini. Entah gimana ceritanya temen-temennya pun ngikut belajar di tempat yang sama (D, kelas 5 dan N & F kelas 3). Gue sendiri join di kantor ini per Februari 2017. Masih baru banget ye.
 
Berhubung jabatan gue adalah asistennya bos, jadi gue jarang nge-handle mereka. Gue lebih banyak ngurus office. Salah satu pengalaman paling tak terlupakan adalah ketika ngajar si A dan D refleksi bangun datar pake buku kotak-kotak. Ngitung kotaknya, muter atas-bawah-kiri-kanan, cek ukuran, seperti itu. Dan setiap akhir pelajaran selalu gue tanya, “Udah ngerti, blom? Kalo belum, tanya aja ya,” gitu. Setiap akhir kelas pun gue berusaha membangun komunikasi yang baik dengan ortu mereka, gue jelasin tadi anaknya belajar apa, kelebihannya dimana kurangnya dimana biar ortunya juga paham.
 
Agustus 2017, anak-anak ini naik kelas kan. A & D ke kelas 6 dan N & F ke kelas 4. N & F masih lanjut tapi A & D udah berhenti karena disuruh bokapnya fokus ke materi UN aja. Gue sih ya monggo gabisa dipaksain karena emang produk kami pun “Jepang banget” walopun gak menutup kemungkinan boleh bahas materi dari sekolah. Sampe akhirnya tanggal 01 September 2017 libur Idul Adha, tanggal 04 September-nya gue WA-in semua ortu murid yang Muslim ngucapin “Selamat Idul Adha ya pak/bu, maaf telat, semoga berkah” gitu-gitu pake hape kantor. Dan ada balasan yang gak terduga dari mamanya A.
 
“Miss Grace apa kabar… Makasih udah ucapin ya pengen ketemu deh… Maaf Miss belum bisa silaturahmi dulu kesana. [line baru] Miss buka paket UN buat anak-anak kelas 6 gak?”
 
Jujur aja gua seneng di-WA begini haha emaknya masih inget ma gue. Waktu itu gue belum jawab ‘IYA’ karena dari Head Office sendiri belum ada instruksi, baru Try Out aja itu pun cuma sesekali. Pun gue juga bingung nentuin waktunya karena gue sendiri baru punya tutor cuma 1, lah nanti gue ikut ngajar donk? Gue sih gak masalah, hehe. Jadi ya gue undur dulu, nanti Nov / Des kita bicarain lagi ya, bu.. (Dan kemarin jadinya udah dibahas fixed juga mengenai ini). 
It’s funny to know bahwa bisa ‘segitu’-nya ya orang inget kita, whether it’s a good thing or a bad one. Kalo bang Anggi kan produknya jelas, kaos, baju lab, sablonan dll sehingga service (jasa) itu nilainya sedikit dibawah produk, kalo gue kebalik. No matter what happened karena gue men-transfer ilmu jadi service (pelayanan) gue harus top. Number one. Kualitas juara. Gitu-gitu karena seperti yang gue bilang di atas, karena boleh bahas materi sekolah di tempat bimbel gue so produknya bisa berasal dari buku apapun yang sekolah anaknya pake. Disinilah kualitas pelayanan gue berperan: kalo bukunya gak lengkap rumusnya, kita kasih tau which means, musti dibikin ngerti dulu kenapa rumusnya begitu (misal: volume kerucut yang merupakan gabungan dari segitiga dan lingkaran) dan suruh anaknya hapalin, trus latihan soal. Kalo bukunya lengkap rumusnya, ya sok atuh gue tinggal mengarahkan dan menjelaskan kenapa rumusnya begitu dan latihan soal. For us adults, it might be a simple thing tapi buat anak-anak kan enggak.
Until next time! 😉

One thought on “Kualitas Produk dan Jasa.

  1. menjadi pengajar memang sebuah perjuangan ya kak mencipta zaman, saya suka salut dengan pengajar yang mendedikasikan diri untuk murid muridnya, bahkan membentuk hubungan pertemanan, bukan hubungan guru antara murid yang terkadang ada segan di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s