Canggihnya Eksakta dalam Kehidupan Sehari-hari

Tsaaahh.. Udah keren blom judulnya?! Macam emak-emak pengajar parenting aja gue ya HAHAHA.

Jadi gue balik kerja lagi ke kantor lama (pasif-agresif banget dah lol), mendadak. Gue pengen cerita-cerita aja kenapa kantor gue berkaitan sama judul yang di atas. FYI dari awal gue kerja di sektor pendidikan, tapi bukan jadi tutor. Jadi asistennya bos gue. Tapi kadang-kadang gantiin tutor yang gak masuk juga.

Oia motto kantor gue adalah:

MENGERTI ITU MENYENANGKAN.

Eaaa! 😆

Ada satu pengalaman menarik ketika gue merhatiin bos gue ngajar Matematika SMP. Waktu itu temanya lingkaran, spesifiknya Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar dan Persekutuan Dalam. Jadi sebelum kita masuk ke materi, bos gue ngasih tau fungsinya belajar topik ini buat apa. Kalo ngeliat gambarnya jelas ya, ini bentuk sepeda. Beda di ukuran rodanya aja.

Panjang Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran
Persekutuan Dalam
Persekutuan Luar

Kalo yang Persekutuan Dalam, itu buat sepeda-sepeda biasa pada umumnya. Coba kalo misalnya mau sambil diliat-liat, garis SP itu sebagai penentu stang sepeda, garis PQ menentukan panjang rantai, kalo garis AB dan SQ gua lupa buat apa *liat gambar bawah aja ya* 😆 Kalo yang Persekutuan Luar gua gak yakin, lupa-lupa inget, tapi kayanya dipake buat ngukur sepeda sirkus *macam di Indonesia ada sirkus aja, tapi ya oke lah dipelajarin aja dulu*

Hasil gambar untuk sepeda
Sepeda

Biasanya kalo itung-itungan di atas kertas udah bener, pas lagi bikin sepedanya kadar ketepatannya juga pas. Jadi kita ada bayangan gambaran sepeda yang ideal buat anak usia balita bagaimana, bebannya berapa banyak, trus yang single saddle sama double / triple saddles yang buat wisata bedanya apa, dll. Kita biasanya main pake-pake aja tapi sebenarnya dibalik pembuatan sepeda, rumit juga mikirnya 🙂

Pernah juga waktu itu gua ngajarin Fisika SMA. Kalo gua udah preparation dari beberapa hari sebelumnya puji Tuhan lancar lah 2 jam. Mabok 😆 Waktu itu topiknya tentang Titik Berat. Nah kalo untuk Titik Berat ini pake koordinat X, Y trus ada bangun datarnya juga.

Kumpulan Soal Titik Berat Benda Lengkap dengan Pembahasannya
Titik Berat 
Kumpulan Soal Titik Berat Benda Lengkap dengan Pembahasannya
Titik Berat (setelah dibagi menjadi 2 bagan)

 

Kalo menurut gue pribadiii.. Belajar Titik Berat bisa ngebantu kita kalo mau jadi arsitek atau teknik sipil. Titik berat bangun datar menentukan keseimbangan suatu bangun atau lebih agar tidak mudah roboh, misalnya pada waktu membangun rumah (satu lantai atau dua lantai dengan ukuran keliling berbeda), gedung-gedung tinggi (mall, sekolah), pembangunan jalan (datar, tanjakan/turunan, tol, layang), beserta isinya. Gua pernah nonton di channel mana gitu, kalo letak eskalator, pilar digeser dikit mall gede itu bisa roboh lho! Selain itu untuk kendaraan bermotor, denger-denger juga butuh ilmu titik berat ini, gunanya agar kendaraan stabil saat dikemudikan.

Temen gue pernah bikin status di facebook yang ujung-ujungnya diskusi, kenapa motor gak boleh masuk tol? Kenapa cuma mobil yang boleh? Gue nimbrung jawab sepengetahuan gue aja. Silakan disimak jawabannya di bawah ya (btw, klik disini link lengkap untuk komen dan jawaban yang lain):

Fisika FB Ara1

Fisika FB Ara2

Fisika FB Ara3

Fisika FB Ara4
Untuk komen Ara dan gua yang ini plis jangan dimasukkin ke hati yak, ke jantung aja 😆 inside joke ini waktu zaman-zamannya kelar #Pilkada2017

Ya gitu.. Btw kenapa dari tadi gua bahasnya Fisika mulu? Haha. Gua suka Fisika sebenernya tapi gamau ambil Fisika murni, maunya yang ada campuran dengan ilmu lain gitu makanya gue kuliahnya IT ajah.

Jadi udah jelas ya kenapa anak-anak IPA (dulunya) dianggap nerd? Mikir mulu coiy! Ngitung mulu kerjanya HAHAHA. Jurusan IPA juga dibilang ilmu eksakta (exact science) karena yaaa.. Emang perhitungannya harus tepat. Kalo gak tepat, banyak yang dirugikan khususnya konsumen.

Kalo sekarang gue gatau deh murid-murid sekolahan yang ambil IPA masih dianggap nerd gak sih, book worm gitu-gitu?

6 thoughts on “Canggihnya Eksakta dalam Kehidupan Sehari-hari

    1. Hahaha itu kalo mau bikin air mancur di kolam kak, tau gak yg kya Bundaran HI? Atau sederhananya anak kecil yg suka ‘pipis’ di kolam (tanah liat)?
      Atau bikin air terjun buatan 😊

    1. 😂 tp jumlah motor disana gak sebanyak jumlah motor di Jakarta kan, mbak.. Namapun bebas hambatan kalo motor masuk dan bikin macet ya sama aja boong hehehe

Leave a Reply

