Transportasi Publik di Kuala Lumpur: KL Sentral

Halo semuanyaaa!~ Udah lama gak keliatan gimana liburannya, lancar? Isi dompet udah menipis sementara isi lemak di perut semakin menebal? *ditabok timbangan* 😆 Worry not walaupun hari ini hari terakhir liburan! Karena tanggal merah di Indonesia masih banyak dan kita-kita masih bisa ikutan short getaway atau, leyeh-leyeh aja di rumah xixixi.

Untuk orang Indonesia yang baru pertama kali jalan-jalan ke luar negeri, biasanya dipanggil ‘newbie,’ biasanya pemanasan dulu ke negara-negara terdekat yang memiliki kebudayaan yang mirip, bahasa yang mirip, makanan yang mirip-mirip karena yaaahh.. akarnya serumpun dan biaya hidup yang sebelas-dua belas. Udah bisa nebak banget kan dimana? Yup, Malaysia! Selain Singapore, orang Indonesia baik newbie atau bukan demen banget bolak-balik KL either buat transit 12 jam atau liburan disana. Udah berasa home country kedua lah haha.

Kali ini gua mau ngebahas sistem transportasinya aja. Kalo buat backpacker macem gue ini udah pasti kemana-mana naik public transport ya. Jarang banget mencari kenyamanan berlebih menggunakan taksi karena harganya suka gak dompetsiawi 😆 Ditambah dengan pilihan public transport yang banyak, lumayan nyaman, dan rutenya jelas, yaudah cus aja. Kenapa gua nulis ini? Karena kemarin gue lagi iseng nyari rute KL-Singapore by train kayak tahun 2014 lalu tapi gua lupa stasiun mana. Ternyata KL Sentral, bok.

Cakep, pas gua googling lebih lanjut ada website-nya! Jadi secara singkat, KL Sentral ini semacam base station dimana hampir semua rute perjalanan jauh di Malaysia patokannya pake stasiun ini. KL Sentral letaknya pas di tengah kota sehingga memudahkan commuters meraihnya. Untuk lebih jelasnya silakan mampir ke klsentral.com.my ya. Lu bisa langsung ke tab menu Connectivity dan unduh peta besarnya disana.

Gua share dulu ya beberapa rute penting yang bisa kalian jangkau menggunakan peta ini:

KLIA/KLIA2 – KL Sentral line ungu

Buat travellers yang dateng ke Kuala Lumpur menggunakan pesawat, bisa langsung ke KL Sentral. Nanti langsung cari aja counter penjualan tiket ERL di bandara dan bilang mau ke KL Sentral untuk menuju pusat kota.

KL Sentral – Hatyai, Thailand line biru muda, arah atas

Buat traveller yang demen road trip bisa lanjalan ke negara lain dan nambah cap di paspor via darat 😆 Jujur aja gua dulu gak percaya ke Thailand bisa jalan darat karena dulu si pacar – ehm, sekarang mantan *dipertegas* 😆 – bilang dia sering bolak-balik KL – Thailand tiga bulan sekali (dulu kampusnya di daerah Saraburi, Thailand. Kampus Advent Internasional). Kan eike belum liat petanya. Ndilalah ternyata bisa! Canggih~~~

KL Sentral – Batu Caves line biru tua

Salah satu destinasi favorite kalo di Kuala Lumpur. Waktu itu udah nyadar ada tapi gak sempet mampir euy.

KL – Sentral – Petaling line biru muda, arah atas 

Chinatown favorite gua ini mah wkakaka merah-merah dimana-mana. Biasanya pagi-pagi udah ada yang jualan juga jadi gak usah khawatir kalo terbiasa sarapan, bisa nyari makan disini.

KL Sentral – KLCC line merah

Buat temen-temen yang mau lihat si Menara Kembar Petronas, bisa ambil rute ini ya. Disana enak ada dancing water fountain, tamannya juga cakep. Yang demen olahraga bisa jogging pagi / sore atau sepedaan disini 🙂

KL Sentral – Pasar Seni line kuning (LRT) atau KL – Sentral – Kuala Lumpur line biru tua (KTM)

Nanti ujung-ujungnya ke Pasar Seni juga kok, tempat belanja oleh-oleh murah meriah. Tapi gua lupa bisa beli banyak / grosiran gak ya, hmm. Gua gak belanja soalnya. Line ini kenapa bisa ada dua opsi, karena stasiun Kuala Lumpur dibina sewaktu zaman kolonial Inggris (diresmikan pada tahun 1886), jd wisatawan sejarah, peminat arsiketur atau photography bisa turun ke sini. Sambil menyelam minum air 🙂 *keselek* 😆

KL Sentral – Butterworth line biru muda, arah atas

Buat teman-teman yang mau ke Penang bisa naik line ini ya. By the way gue baru kepikiran sebelum ke Thailand bisa main-main dulu yak kesini HAHAHA baru beli tiket lagi buat ke Thailand.

By the waaayy (lagi), mungkin ini karena peta lama makanya belum di-update atau kerjasama pembangunan antarnegara baru dilakukan akhir-akhir ini, maka mau gua koreksi dikit. FYI kalo kalian perhatikan map, ada rute KL Sentral – Singapore via Johor Bahru line biru muda. Untuk sementara waktu TIDAK dipakai dulu, ya. Karena udah gua bilang tadi, ada kerjasama pembangunan infrastruktur antarnegara berupa landasan highspeed rail yang sedang dibina. Jadinya kalo kalian tetep mau ke Singapore pake jalan darat, silakan ambil rute KL Sentral – Gemas (gada di peta) trus nyambung lagi naik kereta yang lain (gatau kereta apa, gue gapernah ambil rute ini). Atau yaaa naik bus dari Johor Bahru ke Woodlands. Agak repot siiihh.. Tapi yang jiwa petualangnya lumayan gede boleh dicoba 🙂

Mungkin next post gua akan share sesuatu lagi tentang transport dalam kota Kuala Lumpur atau akan bahas yang lain juga. Eike lagi craving liburan yang jaoh-jaoh neeehh siapa tau abis nulis-nulis langsung dapet hidayah buat jalan kemanaaa lagi gitu HAHAHA see ya! 😉

Advertisements

8 thoughts on “Transportasi Publik di Kuala Lumpur: KL Sentral

  1. Senangnya di KL angkutan umumnya gampil aksesnya. Nggak kayak di Klang. Waktu aku tinggal di sana, sempat mengalami nggak punya kendaraan pribadi, hadeh, sengsara

    1. Iya ya Ci belum nyampe daerah pinggiran ya angkutan umumnya.. Baru daerah wisata dan pusat kota aja. Semoga besok2 armada ke daerah pinggiran diadain lah sama pemerintah sana biar kita gak repot kan ya Ci hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s