Why do I do Make Up vs Self Confidence

Biar cantik, lah~ Kalo jadi jelek namanya make-down! Wkakaka.

Anyway sebenernya gue pengen nulis ini udah lama, karena di-triggered sama statement adek gue si Tengah kalo cewek dandan untuk menarik perhatian cowok lain, padahal gak gitu juga. Well, at least for me, sih. Trus re-triggered karena nonton video ini:

Setelah kelar nonton gue langsung teriak dalam hati “HALELUYAH!” hahaha. Gatau mungkin karena mereka cowok-cowok yang pergaulannya luas, sering ketemu perempuan dari berbagai latar belakang dengan berbagai tampilan wajah dan/atau dandanan, atau kerjanya juga di industri kreatif jadinya pikirannya udah opened gitu. Coba kalo kita tanya ke laki-laki yang pergaulannya sempit, doesn’t like to explore his hobbies, atau lingkungannya mendukung untuk berada di pergaulan yang disitu-situ aja ya pendapatnya bakalan beda jauh.

Btw, that’s one thing. Another thing issued in this video regarding make-ups is about self confidence.

Gausah jauh-jauh ambil gue aja sebagai contohnya. Untuk pergaulan zaman sekarang gue itu termasuk yang telat make-up, well gak telat-telat banget sih pas baru masuk kuliah lah. Temen gue banyak yang dari SMA udah kenal dan pake make-up sederhana. Gue belajar make-up darimana? Dulu itu youtube belum se-booming sekarang so gue belajarnya dari artikel-artikel di majalah. Skin care juga gitu, tapi gak se-intense make-up.

Jujur aja the first time I wore make-up I felt beautiful, I felt pretty, and I felt amazed how was only one swatch of lipstick could change the way I looked, the way I wanted to present myself to the world. Tapi apakah itu artinya gue dandan untuk menarik perhatian pria? Tadinya iya, sekarang enggak. It’s kinda useless. I reached that point at the age of 22.

I reached to the point that I do make-up for the sake of myself. Ya karena gua seneng, karena gua pengen. I reached to the point that make-up is my hobby yang kalo dilakuin ya level kebahagiaan gue meningkat, tapi kalo gak dilakuin gak apa-apa juga. I reached to the point that make-up is one of my personality, my kind of art, I think my face is like a canvas, I can draw anything on my face whatever I wanna draw. And as time goes by, it might change. Maybe changing the way how I want my image to be, or changing the portion of daily or weekly make-up, or even changing that I might don’t want to use make-up anymore. I never know.

Make-up berbanding lurus dengan self-confidence? Ah, nggak juga. Gaktau ya mungkin dari kecil gue anaknya over-PD menjurus malu-maluin jadinya nggak ngerasa gitu 😆 wkakaka. But seriously as I said above, kalo gue lagi gak pengen dandan ya gak dandan aja gitu. Bahkan kalo lagi ketemu client! Geez nekad, ya. Tapi daripada dipaksain dandan, padahal lagi males, jadi gak nyaman sama diri sendiri. Kalo gak nyaman sama diri sendiri = gak PD, deh.

Dulu waktu gue kerja di retail emang harus dandan, apalagi kalo udah ada jadwal buat ketemu customer (ini biasanya gue liat dulu dari negara mana). Kalo tamunya dari Indonesia dan beberapa negara Asia biasanya gue dandan lengkap HAHAHA trus pake parfumnya berasa mau mandi 😛 Kalo tamu gue westerners simple make-up aja yang penting keliatan seger dan ceria selalu. Biasa, stereotype 😛 Tapi bos gue pernah mergokin gue beberapa kali gak dandan, doi nyuruh gue dandan.. Yaudah gue dandan alakadarnya aja apalagi temen gue bilang kalo gak pake lipstik bibir gue keliatan pucat, so coral lipstick is always in my pocket 🙂

Katanya sih natural beauty *halah* 😂😂😂

A post shared by Gege Lin (@gegelin2) on

Kalo tips dari gue.. Yang biasa gue praktekkin. Sebelum keluar rumah mendingan senyum dulu depan kaca.. Trus bilang dalam hati, “I’m beautiful no matter what people say about me.” Atau cari humor-humor pendek to boost up our mood that day. Biasanya ampuh 🙂

Oh iya by this writing gue juga mau nunjukin satu artikel bagus, di sini dibilang bahwa gak selamanya cewek-cewek seksi itu bakal dapet long-time partner karena menurut riset, mereka cenderung selfish dan juga gak having brainy brain – jadinya susah mau diajak diskusi apalagi kerja sama! Duh semoga kita cewek-cewek bisa jadi paket komplit, ya! Cantik and brainy inside and outside!

So~~~ it’s okay to improve your look, hey young ladies, but don’t forget to advance your brain as well. 

Until next post! ❤

9 thoughts on “Why do I do Make Up vs Self Confidence

Leave a Reply

