Building Community

Gue nulis ini karena ada permintaan dari IG @butiqjam2 yang nanya gimana caranya ikut komunitas blogger. Secara eksplisit gue akan menjawab, “Gak tau” 😆 Sebenernya bukan gak tau-tau banget tapi gue ikut komunitas blogger ini dengan cara manual: blogwalking –> ninggalin komen –> ketemuan kalo pas waktunya cocok.

Berawal dari dunia nyata, dari kecil gue udah rajin ikut komunitas. Yang paling kentara itu ya komunitas gereja SD – SMP, SMA mulai ikut komunitas bahasa Inggris, musik, dan bahasa Mandarin (di luar jam les) karena gue ngerasa berguna aja sih. Banyak temen, banyak ilmu. Apalagi temen-temen gue pada canggih-canggih karena ada yang ikut kelas akselerasi, bikin konser, ngajar di tempat bimbel, gitu-gitu lah. Gue sendiri waktu itu belum ada kemajuan karena fasilitas dari ortu belum lengkap dan juga keterbatasan dana, tapi pengalaman temen gue bisa kasih informasi dikit-dikit lah untuk begini, begitu walopun (bagi gue) jatohnya masih di teori aja.

Pindah ke Bali, kuliah disana. Sama seperti di Jakarta yang hiperaktif ikut les ini-itu di Bali pun gue juga ambil UKM yang manaaa gempurannya kenceng (baca: jam kerja tinggi, musti disiplin, udah terkenal seantero Indonesia, sering bikin event besar, dan sering juara tiap ada perlombaan di Thailand pula!) yaitu UKM Marching Band Universitas Udayana. Kenapa sih pilih UKM ini kayak gada UKM lain aja yang lebih gampang? Ya jujur aja karena gue terpesona dari awal mereka main di acara Penerimaan Mahasiswa Baru 😆 Keren bok! Dan pas dijalanin keliatannya aja galak tapi sebenernya kami-kami ini solid banget. Gue inget banget kami latihan kadang sampe jam 10 malem — ketauan nyokap dimarahin LOL, belum lagi kalo ada rapat gitu ya bisa ampe jam 1 pagi (eike biasanya ketiduran), gada kendaraan buat kesana-kemari tapi temen-temen mau nganterin gue pulang yang jaraknya JAUH itu dari Denpasar ke Jimbaran. Gak perlu bayar bensin pula padahal eike udah siapin duitnya. Special thanks to Wira, Ikik, Candra, Sagung, dll. Aku terharu :”> Bahkan ketika kami udah sibuk karena kerja dan gue balik ke Jakarta pun kami masih suka ngobrol-ngobrol via Line ngalor-ngidul gak jelas 😆 Pas latihan pun kami juga saling bantu, kebetulan gue di divisi Pitch Instrument yang temen seangkatan ada 2-3 orang, ada lagi yang masuk divisi Brass, ada lagi yang masuk divisi Color Guard (seru nih bawa-bawa bendera!), seru!! Gue sendiri paling demen main xylophone karena suaranya lembut banget… Selembut hati akyuuu *halah* 😆

Selain itu gue juga ikut salah satu organisasi Batak di Bali, namanya IMSU (Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara) Bali. Tadinya gue lupa siapaaa gitu yang ngenalin gue kesini, eh pas diinget-inget mereka buka stand pas (lagi-lagi) ada acara Penerimaan Mahasiswa Baru dan eike kan butuh ‘keluarga’ tambahan yang keliatan ya boookk.. So I signed up. Gak aktif jadi pengurus sih, anggota rajin setor muka aja 😆 Tapi kalo mereka ada kegiatan gitu gue juga kadang ngikut, bahkan gue juga jadi kenal beberapa teman yang karib disini. Ribka, pertama kali ketemu dia pas ulang tahunnya doi. Roma, yang waktu kecelakaan motor gue yang rawat (kasian doi ampe lebam-lebam). Nadia, Yolanda, Merry, kak Anggun yang pernah gue inepin kostnya eh gataunya gak boleh sama induk semang jadinya gue musti ngumpet-ngumpet daripada bayar gocap wkwk, bang Alda temen foto-foto sekaligus penasehat yang muji-muji gue karena bisa masak nasi di rice cooker dan beres-beres rumah karena tadinya dia kira gue gabisa LOL, bang Thya yang ganteng, bang Aldy dengan rambut kribonya, bang Koko yang minta diajarin conversation, macem-macem lah… Mereka juga yang bantuin gue pas ospek dengan segudang perlengkapan tempur (HA!) dan pas nyepi gelap-gelapan bareng di markas sambil ngobrol hahaha.

Duh nulis gini mendadak nostalgia bok~ Kangen!

Selain itu gue juga ikut komunitas PMKFMIPA alias Persekutuan Mahasiswa Kristen Fakultas MIPA (karena gue kuliahnya Computer Science). Panjang ya bok namanya 😆 Kalo PMK FMIPA gue udah pernah bahas di blog lama, silakan masuk kesini yaaa~ Trus ini kalo diterusin bakalan jadi panjang nih karena gue ada ikut komunitas gereja (ada choir-nya juga), trus ikut Perkantas (Persekutuan Mahasiswa Kristen Antar Universitas) Bali, ada PMKD alias Persekutuan Mahasiswa Kristen Denpasar — sempet ikut camp-nya pula. Kalo di Jakarta sekarang gue lagi ikut UKM Pandapa (hampir jadi anggota HUHUHU kesel gabisa ikut pelantikan Jumat besok) dan AMICUS (Adventist Mission In College and University Students) buat mahasiswa yang kuliahnya bukan di yayasan Advent. Sambil nulis ini ga nyangka aja ternyata gue bisa ikut kegiatan ini-itu dengan (alhamdulillah) IPK diatas 3.00, pacaran, dan kaki cuma dua 😆 Pas kerja-kerja aja gue rada molor ikut komunitas karena kadang pas dapet hari libur maunya tidur aja di kosan. Kemana staminaku yang dulu kemanaaa??

Well kayaknya postingan gue belum tentu menjawab pertanyaan mbak’e deh (trus gunanya nulis ini panjang-panjang apaan ceu?) tapi sama seperti komunitas dunia nyata, komunitas blogger dunia maya juga memiliki prinsip yang sama:

  1. Cari yang minatnya sama atau sesuai kebutuhan. Komunitas blogger paling terkenal yang gue tau ada KEB alias Kumpulan Emak-Emak Blogger, ada juga travel blogger, food blogger, fashion blogger, tech blogger, macem-macem. Disesuaikan dengan minat dan/atau kebutuhan aja. Kalo gue sih random.
  2. Rajin blogwalking dan komen! Kalo blogwalking aja tanpa ninggalin jejak ya percuma, gak dikenal dong. Dengan ninggalin URL kan blog kita bisa dikunjungin balik. Mirip-mirip sama setor muka dan ngobrol lah, kalo di komunitas.
  3. Rajin posting! Mau gak mau isi blog sekiranya harus di-update biar orang tau identitas kita jadinya mereka gak bingung kita siapa. Gak harus detail sih, garis besarnya aja.
  4. Kalo ada kopdar, usahain ikut.

Nah gitchuuu mbak.. Itu kalo dari pandangan saya ya. Mungkin teman-teman yang lain ada tambahannya, silakan 🙂

28 thoughts on “Building Community

  1. Aku duluuuuuu sempet bikin akun di blogfam (ini jaman pra-KEB mungkin? 2005-2006an). Tp trs nggak cocok ikutan komunitas2 gitu. Ada komunitas blogger Surabaya kayak TuguPahlawan juga, aku sekedar ikut kopdar lalu nyumbang tulisan 1x. Trs ya udah. Aku abis ini mo bikin komunitas jg ah: Komunitas Blogger Non-Komunitas, hahahaha….

  2. Kalo sering bw dan komen, emang jadi lebih cepat diinget ya. Gara2 blog juga aku jadi punya temen temen baru.
    Aku ikut komunitas blogger, tapi kalau ada even jaraaaang bgt ikut. Hauhauhau. Karena kdg bentrok ama jam kerja

  3. Pernah ikut komunitas walau hanya jadi member seperti KEB, Warung Blogger, Blogger perempuan, terus pernah datang acara blog-nya FD.. Terus ya udah. setelah itu.. mmmmm.. ternyata aku bukan org komunintas. Lagipula pindah ke wordpress aja.. udah banyak temennya kok hihi..

      1. Yang belakang2 itu kayaknya random aku nemu dari twitter, jaman masih aktif di twitter. Tapi krn udah nyaman di wp, jadi langsung unfollow semua..

        yang FD aku diajakin temenku Ge, terus daftar di webnya FB (kolom event atau blog atau apa ya).. Sering banyak kok bikin acara gitu.. terutama kalau mau monetize blognya yah..

  4. Ikut komunitas memang bagus untuk mengembangkan blog ya mbak.
    Cuma akunya kadang lebih suka di belakang layar dan gak ikutan… dulu sering ikutan milis (masih jaman gak sih?) dan setelah tahu “kisah” di belakangnya pun jadi mundur. lebih baik jd silent aja.

    Sekarang lagi giatkan BW lagi aja.

    1. Aku juga sering ikut mlis dulu mas.. Sama2 aja kalo pengen eksis atau dikenal orang harus rajin setor muka alias nimbrung ngobrol 🙂

      Sekalian ninggalin komen ya mas 😀

  5. Betul-betul salah satu caranya harus rajin blogwalking n comment, lama-lama kan jadi saling kenal y karena sering comment2an hi..hi..hi..
    Aku juga nih awalnya blogwalking karena saran Hubby, soalnya pemalu jadi kebanyakan silent reader tapi akhirnya memberanikan diri juga xD

    Kalau mau join FD tinggal daftar aja Ge, sign up email terus nanti bisa join deh di forumnya atau blog atau review2 🙂

Leave a Reply

