HongkongTips101: Hal-hal Teknis

Iyesh kawan-kawan, eike baru pulang dari Hongkong hihihi 🙂 Ga lama, disana cuma dari tanggal 12 – 14 April 2016~ Tapi aku senang karena kehidupanku nyaru sama warga lokal apalagi kalo pas mingkem huahaha, pas ngomong ketauan deh gua turis.

LONG POST ALERT! SIAPIN CEMILAN~~~ 

Anywaaayy, gua gak mau share main apa aja yah disana karena udah banyak blogger yang nulis perjalanan wisata ke Hongkong, contohnya si Mas Yayan nih 😀 Jadi gue mendingan bahas hal-hal teknisnya aja yak, persiapan sebelum, selama, dan sesudah disana.

IMG20160411191402.jpg
Paspor Ijo 🙂 Self-Check-In dulu biar ga ngantriii

PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT

Udah pasti tiket pesawat dong ah! Emangnya lu mau naik getek, or even worse, jalan kaki? Kapan nyampenyaaa 😆 Tadi gue baca di SkyScanner kapan waktu yang tepat untuk memesan tiket pesawat ke Hongkong? Dan gue mengamini jawabannya yaitu… 2-3 bulan sebelum keberangkatan! Catatan tambahan, sebaiknya pesan tiket setelah libur hari raya nasional karena nilai USD akan turun dan ini mempengaruhi harga tiket juga. Contoh: gue pesen tiket pesawat + akomodasi ke Hongkong sekitar bulan Februari 2016 untuk keberangkatan April 2016, SETELAH Imlek usai. Harga sebelum imlek bisa sampai 4jt-an PP itupun belum ditambah pajak & extra cost sana-sini, sementara setelah imlek gue dapetnya 3jt-an sajah 🙂 Bahkan sempet juga dapet harga 2,7jt (doank!) tapi waktu itu ga langsung gua booking karena yang punya kartu kredit lagi ga available 😆 Jadinya nunggu temen gua hadir dulu deh.

Berhubung gue baik (halah!), gua buka kartu aja dah kemarin gua pesen tiket pesawat + penginapan bunk bed + tiket masuk Madame Tussauds + tiket masuk Sky100 = Rp3.560.710++ (excl. tax BNI CC 8%) di AirAsiaGo.co.id monggo dicek-cek. Jangan lupa subscribe!

IMG20160412150734.jpg
Gue tidur di atas, sempet bingung juga gimana turunnya LOL tapi lama-lama terbiasa.
IMG20160412154923.jpg
Tempat tinggal selama di HK
IMG20160412150921
Ruang Tamu & Resepsionis Penginapan

Selain tiket pesawat, buat yang ga mau paketan kayak gue diatas tentunya juga harus cari penginapan kan ya. Kalo untuk penginapan murah bisa cari di mana aja bahkan bisa juga lewat airbnb atau couchsurfing but I’ll suggest you special offer! 🙂 Via HotelQuickly juga banyak pilihan penginapan di Hongkong dan sekitaran Asia lainnya dengan harga oke dan fasilitas yang gak kalah oke. Lebih oke lagi kalo bisa pake kode diskon dari gue nih.. Lumayan menghemat IDR 130,000 buat jajan-jajan cantik! 😀

hotel quickly promo
Caranya, download aplikasi Hotel Quickly di smartphone kamu, pilih hotelnya, dan masukkin kode promonya! Ayoin!

Oh iya, kalo kamu liburannya ke luar negeri jangan lupa ngecek ‘umur’ paspor ya, minimal 6 bulan dari tanggal expired-nya baru bisa terbang.. Jangan kayak gue, kadaluwarsanya tanggal 13 Okt 2016, terbangnya tanggal 14 Apr 2016.. Lewat sehari doank langsung dimarahin petugas check-in di Hongkong sanah! 😆 Untung gue dibolehin pulang, untung yang marahin cuma satu orang, gak keroyokan.. Hahaha.

Masalah keuangan, ini relatif karena musti disesuaikan dengan gaya hidup (belanja, makan, etc) dan itinerary selama di Hong Kong. Jadi kemarin gua dikasihtauin Jojo yang udah pergi duluan kesana, katanya mending tuker IDR – USD dulu baru USD – HKD karena rate-nya lebih bagus. Gua itung-itung pake aplikasi XE emang bener sih jatohnya lumayan. Oia nukernya musti di money changer resmi ya biar ga sayang uangnya, gue biasanya di Central Kuta sini. Kemarin gue bawa USD 100 dari Bali ternyata pulangnya tuker di bandara HKIA gue masih ada sisa USD 40! Masih dijajanin pula di pesawat pulang haha, gue beli paketan Sheperd’s Pie + Aqua = MYR 16 kembaliannya MYR 60 (di pesawat rate-nya juga bagus nih, gua itung-itung manual malah kembaliannya harusnya MYR 58. Lumayan 2 ringgit hahaha #cheapskate)

IMG20160414085603.jpg
HKD 330.70 yang bisa dituker jadinya HKD 323.90 (USD 40) lumayan koin-koinnya bisa jadi koleksi 🙂 hihihi
IMG20160414125116.jpg
AirAsia’s Sheperd’s Pie. Mirip-mirip lasagna. Ailaff!

Btw ada cerita lucu tentang Sheperd’s Pie ini. Jadi gue mesen pas di pesawat pulang HKIA menuju KLIA2 ya. Pas udah giliran pembagian makanan, gua tanya donk, “Can I pay by USD please and how much is the rate?” Gua gak denger jelas dia ngomong apa entah kuping gua yang error atau cabin crew-nya yang ngomongnya kumur-kumur akhirnya ga jadi pesen kan. Trus setelah mereka melayani penumpang lain, gue ditanyain lagi jadinya pesen apa. Lalu gue jawablah, (btw cabin crew-nya laki putih tinggi badannya atletis. intinya ganteng! pake lupa kenalan pula wkwkwk)

Gue: You said you don’t accept USD 

Cabin Crew: I said YEEESS (beneran panjang nadanya yet lovely) we accept USD HKD and MYR 

Gue: Oh sorry-sorry Sheperd’s Pie then! (ngasih USD 20) 

Cabin Crew: We have different calculation ya (ngeliat hape gue udah buka kalkulator) so here’s the change for you (ngasih MYR 60) 

Gue: (ngeliat kalkulator, MYR 58) OK then! *nyengir* 

Cabin Crew: Are you Malaysian? 

Gue: Nooo.. I’m Indonesian 🙂 

Cabin Crew: Enjoy your meal! (asli makk senyumnya ganteng banget, meleleh gueee!!!) 

Nyam nyam nyam asik makan kan, pie gue tinggal 1/4 porsi. Ga sengaja keliatan sama cabin crew yang sama, ditanyain sama dia:

Cabin Crew: Delicious, ya? 

Gue: Banget! (spontan nyahut pake bahasa Indonesia) 😆

Duh jadi baper.. Hahaha epic aja sih ini, bisa-bisanya. Emangnya muke gue ada melayu-melayunya yak? *ngaca*

Oh iya jangan lupa nanti perhatiin cuaca juga ya, gua kirain kalo April kesana bakalan spring gitu eh taunya malah dapet ujan berangin! Huhuhu sedih. Untung bawa jaket tebel + bisa minjem payung dari penginapan. Sebenernya gua udah survey juga ke temen-temen gua yang ke HK sebelumnya tapi namanya global warming ya bok, cuaca di daerah sendiri aja susah ketebak apalagi di tempat orang #sigh

IMG20160412191843.jpg
Di Sun Arcade, on the way ketemu kak Nisa

SELAMA DI HONGKONG

Paling harus diingat, segeralah ‘minjem’ kartu sakti di HK bernama Octopus Card. Kartu ini berguna banget untuk transportasi selama di Hongkong: bisa dipake buat bayar bis, kereta, tram, dll kecuali taksi. Bisa juga dipake untuk beli material-materal kecil di minimarket seperti 7/11 dan CK. Gue bolak-balik beli air minum di CK tinggal nge-tap aja pake Octopus Card 🙂 Praktis banget apalagi kadang suka ada recehan koin gitu kan, recehan suka bikin ribet.

IMG20160412123223
Kartu Sakti 😛

Beli Octopus Card bisa langsung di bandara, keluar darI terminal 1 HKIA lurus aja nanti ada information center, beli disitu. Bayarnya HKD 150 (HKD 50 buat deposit jadi pas kartunya dibalikin ke pemerintah, uang kita HKD 50 juga balik). Setelah beli langsung dipake bayar bus HKD 33 🙂 Gue naik bus A21 rute Airport – Kowloon karena penginapan gue di daerah Kowloon sana.

Untuk jalur transportasi gue lebih menyarankan naik MTR (metro) kemana-mana karena petanya lebih jelas terpampang dimana-mana dan harganya masih reasonable. Jujur aja kalo naik bus kadang gue masih suka buta arah LOL, baik di HK SG ataupun KL. Tapi kalo kalian lebih nyaman dan emang lebih jago naik bus ya silakan aja 🙂 Untuk naik MTR ini musti diperhatiin baik-baik turunnya dimana dan jalannya kemana aja, disana ada dua tipe jalan yaitu Road (jalan raya besar) dan Street (gang kecil gitu deh). Misalnya kemaren gue ke kawasan Argyle Street di Nathan Road, di Indonesia bisa jadi sebutannya Jalan Nathan Gang Argyle, gitu.

IMG20160412134409.jpg
Sempet nyasar jadinya nyambung pake MTR deh 😛 Gue keluar di exit B trus naik lift, keluar lift belok kanan. Penginapan gue deket Eaton Hotel

Untuk makan dan oleh-oleh, gue tidak mengkhususkan waktu untuk hal ini karena memang fokus utama gue selama disana bukanlah beliin oleh-oleh tapi menikmati kota Hongkong 🙂 Dan kebetulan banget selama di HK mood makan gue sempet nge-drop (colek blogger cantik kak Nisa, ditraktir makan malam sama doi dan suaminya eh makan gue malah ga habis huhu maapkeun ya kaaakk). Cumaaann disana memang banyak makanan murah dan halal buat muslim (gue sendiri Kristen Advent yang perkara makan aja lebih strict dari Islam), sekitar HKD 10 gitu tapi ya lagi-lagi gue menyatakan bahwa tidak menyediakan waktu untuk hunting makanan 🙂 Gue cuma makan 1x di restoran Korea Mongkok’s Gold Beetle Korean Restoran, ambil paketan Appetizer + Main Course + Dessert = HKD 39 kebetulan lagi ada promo, rasanya enak banget mamen.. Porsinya juga gede banget! Worth it banget kalo bisa makan berdua disini 🙂 Habis itu pagi-pagi sebelum pulang gue makan McD Breakfast’s Twisty Beef N’ Egg = HKD 29.80 bayarnya pake Octopus Card dan porsinya lumayan gede juga hehehe.

IMG20160413185743
Cemilan yang diimpor dari Jepang. Bahan utamanya jagung, ehh.. Ternyata kalo di Indonesia setara Momogi Snack 😆
IMG20160414072840
Breakfast Menu-nya MCD Hongkong. Di Indonesia kapan keluar inih gua demen bangeeett.. Hahaha
IMG20160413153439
Mongkok’s Gold Beetle Korean Restaurant: Beef Grilled Set 🙂
IMG20160413181527
Cemilan buat makan di pesawat pulang dan oleh-oleh ala kadarnya

Di Hongkong tuh ga perlu khawatir nyasar sebenernya, selama tau kemana tujuan + rajin baca peta + baca petunjuk jalan pasti bakalan nyampe kok. Beruntung gue pernah ke Singapore sebelumnya jadinya pas ke Hong Kong ini ga kaget lagi lah sama public transport-nya bahkan gue pikir rute MTR di Singapore lebih ribet 😛 Apa karena kemaren baru pertama kali ya (baca peta sendiri)…

IMG20160413112327.jpg
Jalur kereta di HK
IMG20160413113600
Sign, sign everywhere.. Ini pas mau ke Madame Tussaud jadinya ikutin arah yang menuju Peak Tram

 

KEPULANGAN

Kalo mau keluar Hong Kong dan kembali ke habitat masing-masing (halah!) ga ribet sih, palingan hanya da beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kalo mau balik dari Kowloon ke HKIA kan setau gue bisanya naik bus ya, jadinya gua ikutin jalur bus yang kemarin tuh (tapi ga pake nyebrang) dan bus yang gue pake adalah A21. Inget jadwalnya ya paling pagi itu kapan dan paling malem itu kapan biar ga ketinggalan bus, rentang waktunya per 15-20 min sekali kedatangan.

Terus kan pas mau masuk wilayah HK kita dikasih kertas imigrasi di dalem pesawat, itu ada 2 lembar jangan sampe ilang yak! Karena bakal diambil di imigrasi kedatangan dan imigrasi kepulangan. Untungnya tuh kertas gak gue robek kecil-kecil jadinya pas pulang ditagih gue masih punya, kalo gada wassalam deh gue! (Kebiasaan gue emang kalo ada kertas yang dianggap ga penting pasti dirobek kecil-kecil dulu sebelum dibuang)

IMG20160412074318.jpg
Catatan Keimigrasian

Apalagi ya.. Kayaknya gada deh kalo misalnya kalian ada yang bingung silakan tanya-tanya ya sebisa mungkin gue akan bantu jawab. Ato lempar ke mbah Google wkwkwk *jahad* 😛 Atau kalau ada yang kelupaan temen-temen bisa nambahin di bawah ya.. Silakan sekarang liat-liat gallery gue selama disana cuzz!

IMG20160411212859.jpg
Travel Insurance penting nih gua selalu pake. Kalian juga ya 🙂
IMG20160412005053.jpg
Sendalnya udah go international xixixi 😛
IMG20160412105812.jpg
Toilet perempuan di HKIA. Keren ya.. Jadinya kalo toddler/balita yang pipisnya masih error masih bisa diawasi mamanya
IMG20160412163150.jpg
Siang-siang masih sempet liat ibu-ibu kirim surat pake pos.. Kirain udah mati suri karena zaman sekarang pada pake email, ternyataaa…
IMG20160413103257.jpg
Room mate gue. Advent juga bok! Dapet aja ye hahaha dari Filipina 🙂
IMG20160413111901.jpg
Nama gebetan selama SMP-SMA. Yes, selama itu 😛 Cerita lengkap bisa liat disini ya

Sekarang saatnya perkenalkan.. Pacar-pacar dan kawan-kawan mancanegara gue 😛 #MadameTussaudsArea

IMG20160413123641
Ini baru masuk.. Lupa artisnya siapa
IMG20160413123711
Ethan Ruan kekasihku!!! ❤
IMG20160413124711
Ir. Soekarno 🙂
IMG20160413124818
Mahatma Gandhi
IMG20160413125013
Salah satu penyiar terkenal di HK, Mrs. Ng
IMG20160413125215
Amitabh Bachchan, favorit aku jugak!!!

Dan lain-lain 🙂

IMG20160414102948
Terminal 1 HKIA

Sebagai penutup silakan dinikmati video di pintu masuk Sky100 Observation Deck:

Till next post! 😉

Advertisements

59 thoughts on “HongkongTips101: Hal-hal Teknis

  1. Ge itu foto sama Maria Sharapova-nya kamu flipped horizontally atau gimana gitu? Kok lucu dia jadi kidal? Ahahaha 😆 .

    Dan itu penting ya pramugaranya dibahas detail gitu 😛 .

    1. Di Indonesia masih jarang cabin crew laki2 Zi makanya pas ngeliat jd heboh gitu aplg kalo orangnya bening wkwkwk 😆 anyway aku ga ngeh tangannya Maria Sharapova lho sampe kamu sendiri yg bilang..
      *sungkem mbak Maria* *sok ikrib* ;p

  2. Keren deh Ge lo kesana bisa sendiri gitu 😀
    Waktu biztrip kesana, gw suka gak ngerti sama English mereka 😀 gw tanya ulang aja dan bilang sorry hihihi
    Sayang bgt gw disana gak sempet kemana-mana, krn whole day training dan pulang-pulang udah malem
    Muter2 aja di causeway bay 😀 karena hotelnya disitu 😀 pas last day mau ketemu mba Nis dianya gak bisa karena jauh juga dari tempatnya 😀

    1. Mreka pake British English kak makanya ngomongnya rada kumur2 gt, masalah kebiasaan dan kuping aja kyanya 😂
      Kmrn itu tanya temen pd banyak bgt alesannya yaudah brangkat sndri aja lah.
      Kalo biztrip gt emang waktunya kurang flexible sih ya kak

  3. Soal nuker USD ke USD HKD selisihnya banyak ga sih? :/
    Aku sm pacar termasuk turis budget yg males ribet :))
    Btw soal paspor 6bulan itu, kayaknya aku harus cek paspor. Jadi inget blm cek.
    Eh tp kamu ga diapa2in kan pas ketauan udh kurang dr 6bulan?
    I mean ada denda or something?

    1. Halo Linda, utk ngecek kurs kamu bisa ke http://www.xe.com/ucc/ ya setau aku rate di HKIA bagus kok, ga beda jauh antara USD – HKD – IDR. Wah kalo turis budget gaboleh males ribet 🙂 Aku semuanya cari/google sendiri loh, nanya temen 1-2 masih ok lah.

      Tergantung, kalo kamu posisinya berangkat ke negara tujuan, umur paspor harus di atas 6 bulan. Kalo kamu pulang ke negara domisili, biasanya dikasih tau aja kalo balik ke negaranya harus langsung ganti. Itu pun tergantung maskapainya karena ada beberapa maskapai yang ga mau menerbangkan kamu karena resikonya sangat besar (mereka punya banyak pertimbangan), denda pun tergantung maskapainya juga. Aku pake AirAsia ditegur aja sih, ga sampe denda atau batal terbang. HTH ya

    1. Halo mas Dandy salam kenal ya 🙂 Saya kok baru baca komennya sekarang huhuhu maapkeun.
      Iya penginapan disana murah-meriah kok, saya seneng penginapan saya karena yang punya hostel bersih banget, tiap jam 10 pagi bersih2 hostel 🙂 Ownernya juga baik, kmrn pas ada hujan saya dipinjemin payung

    1. Ga sempet foto kan dia sibuk kerja, pas mau landing akunya juga buru2 turun pesawat. Pdhl lumayan ya buat kenang2an hehehe. Yuk nabung buat ke HK, thanks udah mampir dan follow, salam kenal 🙂

    1. Kak Lisa kok aku baru baca komennya ya huhuhu maapkeun 😦 Iya kak kebetulan ada kesempatan, orangtua juga belum ngelarang sih yg penting tetep berkabar aja.. Hehehe dan ada nyali 😛

  4. kereen euy saya kok jadi lupa kapan terakhir liburan ke luar negeri yah hahahha banyak urusin domestik..saya mah liburan ke pantai sekitaran Ambon aja nih…

    1. Halo mbak Sandra, sbenernya untung2an sih tp tahun lalu emang cuaca lg buruk banget kan, secara keseluruhan. Gak cuma HK, Filipin jg angin topannya lagi gede dan sering. Ya semoga pas giliran mbaknya kesana cuaca bagus terus ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s