Orgasm in Hospitality

Kita semua pasti tahu bahwa yang namanya berinteraksi dengan manusia itu gak gampang, apalagi kalo emang sifat dasarnya introvert yang energinya muncul ketika sendirian. Gesekan-gesekan itu pasti ada dan yang namanya solusi ketika menyelesaikan masalah belum tentu bisa muncul dalam waktu singkat.

Selama gua bekerja di tempat gua yang sekarang (L’Atelier Parfums et Creation) gua bisa merasakan sekali gesekan yang timbul dari berbagai arah: bos, rekan kerja, (calon) klien. Kalo masalah bos dan rekan kerja yaaaa what happens in the office left at office ya, off the record. Tapiiii gua mau cerita sedikit tentang tamu-tamu yang gua handle.

Gua ini kebetulan anaknya ekstrovert makanya demen banget ngobrol sama orang. Kalo ada tamu yang dateng, sebisa mungkin gua anggep temen. Gua ajak ngobrol, basa-basi, still in manners way ya. Ramah itu perlu tapi ga perlu ‘menjilat’. Intinya etika dalam menge-host orang, lah. Kebutuhan klien diperhatikan, maunya apa dan bagaimana diusahakan cari tahu solusi yang terbaik.

Gua ngaku dosa dulu deeehh.. Kan beberapa temen blogger internesyenel (halah! 😆 ) ada beberapa yang ngeluh ya staff-staff hospitality di Bali ini pilih kasih banget. Kalo tamu Indo kok service-nya ga oke sementara tamu bule service-nya mantep banget menjurus ke lebay. Nah gua pernah mengalami hal yang sama tapi di posisi staff.

Waktu itu gua kerja sendirian, pagi-pagi ada reservasi sekitar 4 orang (2 couple + 2 couple). Kalo ga salah sih ini pasangan Jepang dan Mid-East ya. Gua handle lah mereka dan sampe sini keadaan fine-fine aja. Pas lagi bikinin parfum yang versi botol gede, dateng lagi 1 orang bule (kita sebut aja B), dia walked-in (tanpa reservasi via telpon atau website). Gua tanya dia mau nunggu ga karena gua masih handle keempat orang ini dan sebentar lagi selesai. Dia mau tunggu, ok sampe sini ga masalah.

Masalah timbul ketika parfum keempat orang ini selesai, si Jepang pembayarannya sih oke karena mau cash (ato gesek ya waktu itu? Lupa), sementara si Mid-East maunya room charged biar sekalian sama pembayaran lain dan dia check-out saat itu juga. Jedengg!! Gua repot lah masa gua tinggalin si B gitu aja. Sementara gua juga ga kepikiran buat telpon receptionist buat masukkin nota, mau ga mau gua ke lobby dah. Capek bener boookk.. Untung si B maklum dan mau nungguin juga.

Kelar bikin room charged buat si Mid-East, gua balik handle si B. Pas lagi asik-asik bikin, eng ing eng… Dateng lagi walked-in 2 orang bule tapi yang mau ikut workshop 1 orang aja, kita sebut aja C. Lupa deh asalnya dari mana. Wah udah deh kalang kabut gue karena selain handle tamu, gua juga harus beresin tools buat workshop berikutnya (cuci measuring flasks, beresin meja, masukin nota ke laptop, siapin bags buat tamu, etc dsb dll) masa iya ada tamu dateng lah toko berantakan? Buset dah.

Lagi asik-asik beberes sambil kasih workshop, dateng lagi lah rombongan orang Indonesia berisiiikk banget 😆 Keluarga Indo gitu. Gua sih ga masalah kalo mereka liat-liat ya masalahnya anaknya ini ngerecokin, cuyy. Parfum yang udah jadi (fragrant road) dicobain ke sekujur tubuh (buset dah, sejuta itu sebotol!), nyium-nyiumin materials yang lain tapi ga dibalikin ke tempatnya, mainin business cards, tissue, alamaakk.. Pengen banget marahin mereka tapi apalah adeque, bang *lah dangdut* Akhirnya gua cuekin aja mereka, nyahut kalo mereka tanya seperlunya saja, sampe akhirnya mereka pulang. Adeque legaaa.

MAAP YA OOOOMM, TANTEEE.. Bukan maksud gua deh buat cuekin kalian despite your origin, tapi hayati waktu itu kebetulan lagi lelah cuyy. Trus ngadepin kelakuan kalian yang kayak gitu daripada eike ngamuk dan keliatan ga profesional mendingan diem aja kali yes. Ga nambah dosa juga 😆

Cerita yang lain:

  1. Kak Febby
7 thoughts on “Orgasm in Hospitality

  1. Hehehe mungkin kalo itu mah bukan masalah WNI atau WNA kali ya, tapi masalah tamu ada manner sama gak ada manner. Anyway soal anak anak ini, I feel you, kelemahan anak anak Indo kadang terlalu di bebasin sama ortu nya jadi terkesan gak ada manner. Teriak teriak, ngegeratak, tapi di diemin sama ortu nya. Jangankan elo, gue aja kalo di posisi itu sebagai sesama tamu pun merasa terganggu deh

    1. Iya Ci jadinya waktu itu posisi gua serba salah jg. Bukannya sombong ga mau handle tamu Indo atau apa but please jangan ngerepotin eike juga dong hehehe. Soalnya posisinya lagi ada tamu lain yg harus di-handle, akan lain cerita kalo tamu lg kosong-melompong, naaahh.. itu tugas gue.

  2. Kelakuan customer memang macam-macam ya Ge, hehe. Kalau bekerja di bidang service memang kayaknya menghadapi yang begini adalah satu hal terpenting. 😀

  3. Kadang-kadang memang perlu diketahui bagaimana pandangan dari sisi staf jadi orang di luar sana jangan berkesimpulan dulu sebelum tahu dari dua sisi :hehe. Mungkin kebetulan lagi lelah seperti dirimu jadi pelayanan kurang maksimal, tapi sesungguhnya tak ada maksud sama sekali untuk berlaku begitu, kebetulan saja si customer lokal lagi sial… :haha :peace.

Leave a Reply

