Personal Branding

Minggu lalu gua dikasih test psikologi sama Mr. Fu dan berhubung lagi magabut ya gue jawab-jawab aja (iya kami satu kantor sekarang). Berhubung eike juga penasaran apakah diri ini masih sama kayak yang dulu ato ada perubahan. Dan hasilnya adalah~~~ *jeng jeng jeng jeeengg*

KOLERIK – SANGUIN.

Berubah bingit qaqaaaa πŸ˜† Soalnya dulu tuh gua kombinasi Sanguin – Flegmatik dimana flegmatik itu sifatnya β€˜cinta damai’ (kalo kata Mr. Fu, cenderung cuek, ignorance, nyari aman – negatif banget ye) sementara kolerik itu demen β€˜nyari rebut’ (in a positive way: tegas, meluruskan hal yang salah dengan cara yang keras, musti pinter ambil keputusan).

Trus Sabtu lalu diingetin pula tentang personal branding ini melalui khotbah, ya dalam konteks rohani lah. Gua jadi mikir dong, kira-kira orang lain ngeliat gua nganggep gua kayak gimana, ya? Karakter yang secara (ga) sengaja gua timbulkan seperti apa, ya? Kira-kira personal branding yang gua milikiΒ seperti apa, ya? πŸ˜€

Gausah jauh-jauh, penilaian dari lingkungan di sekitar gua aja.

Menurut emak-bapak gua, gua tuh anaknya demen maen. Kelayapan mulu kayak kuda liar. Tapi pinter (asek πŸ˜† ). Kalo kata adek-adek gua: EGOIS! Γ  Pembelaan gua: udah bosen belajar mulu duduk di kelas dengerin guru/dosen ceramah sekarang saatnya bersenang-senang. Dan yah… maklum deh anak pertama, kebiasaan sok ngatur pernah ada dan timbul-tenggelam.

Menurut teman gereja gua yang di Jakarta Pusat, gua sifatnya social. Caring, walaupun rada bossy. Suka ngirim-ngirim kartu yang isinya tulisan tangan (anak 90an banget), pinter musik dan segala yang berbau-bauan musik dan seni, gabisa olahraga (tapi eike tetep rutin main badminton sama kalian, kan… dan pernah maen rugby juga sampe rok gue robek!!!). Pada ga nyangka gua kuliah ambil jurusan IT yang geek dan anti-social gitu πŸ˜†

Menurut sohib gua di Bali (Mr. Fu dkk): ga bisa masak tapi inisiatifnya tinggi, demen bantuin orang, impulsif. Nah itu penilaian tahun lalu, tahun ini Mr. Fu bilang udah ada perubahan ke arah yang lebih baik (amin!!!). Udah ga egois lagi, ga impulsive, dan mau belajar untuk segala sesuatunya. Udah ga ignorance, mulai bisa mikirin tanggung jawab (yang mana kayaknya sifat sanguine gua perlahan menghilang dan digantikan oleh kolerik ini), dan lebih dewasa (amin amin amin!!!).

Nah kalo menurut temen kantor, satu hal yang paling gua inget: Mandiri (halo, mbak W yang muji-muji aku kayak gini! πŸ™‚ ). Dah itu aja πŸ˜†

quote

Gua sih antara percaya-ga-percaya sama 4 tipe kepribadian ini dan kombinasinya karena menurut HitmanSystem, ga masuk diakal aja gitu. Dunia ini diisi 7 milyar orang kok tipe kepribadian cuma ada 4 (dengan kombinasi jadinya 16)? Yah mirip-mirip lah sama shio, elemen, zodiac, gitu-gitu. Jadinya buat have fun aja, kalo prediksinya bagus diaminiiinn, kalo jelek diajdiin bahan buat jaga-jaga. Toh di agama gua juga dilarang tapi masa’ iya gua menghalangi profesi orang lain yang jadi peramal? Apalagi yang belajarnya ampe ke Cina, Yunani sana (emang ada?) Dan menurut gua pun dunia ini kan dinamis, wajar kalo seseorang bisa berubah karena pengalaman hidup, kejadian ga enak, dan cerita-cerita orang lain yang bisa β€˜membuka mata, membuka jiwa.’ Kalo gada perubahan yang signifikan ya tandanya jiwa lo β€˜mati’ walaupun raganya β€˜hidup.’ Kesian? Iya.

36 thoughts on “Personal Branding

  1. ahahah..gw juga pernah ambil test itu ge.. somehow dulu sih akurat yaa.. gw juga sanguine(70%) -pleghmatis (30%). *toss* tapi emang bs berubah seiring berjalannya waktu dan pergaulan kita.. karena dulu.nya lagii.. gw sanguine 90%.. hahaha.. skrng sih belom test lagi gimana.. kyknya udah berubah juga nii.. mungkin udah ga begitu sanguine lagi. ahahha..

  2. Gue pernah ikutan tes kepribadian…
    and the result is………………………. GUE PRIBADI YANG BAEK….

    Tampan juga tentunya… hahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……

    Kalau test yg begituan gue belum pernah… jadi pengen nyoba πŸ™‚

  3. Belum ambil tes Personality Plus itu lagi. Terakhir kapan ya? Ingetnya sih dulu masuk phlegmatis melankolik. Seiring perjalanan hidup, setiap orang berubah dan kepribadian berubah… moga sih berubah jadi yang lebih baik semuah ya…

  4. Hi Ge! Hehe.. ngomong2 kepribadian, mau sedikit share dan meluruskan~ kebetulan bulan lalu abis ke psikolog dan lumayan dpt info mengenai 4 kepribadian itu.

    Basicly,personality kita gak bisa berubah. Karakter dasar kita tetep sama, tapi kenapa ketika test tau2 bisa berubah? Itu karna adaptasi. Panjang sih kalo dijelasin hahaha

    Coba DISC test deh, nanti ketaun gmn karakter km dilingkungan, ketika dalam tekanan dan real you nya~ karna tiap orang itu punya ke-4nya, tapi porsinya yang berbeda. Biasa tiap orang punya 2 karakter yang paling menonjol. Gitu^^

    1. Ci Thea kyaaaa~ πŸ˜€ Karakter dasar gua sih kyanya ga berubah Ci tetep Sanguine, tp best 2ndnya itu yg berubah dari Phlegmatic ke Choleric ^^
      Iya adaptasi, masalah dari dalem dan luar emang mempengaruhi ya. Thankyou udah mampir~

  5. Aku pernah sharing sama seorang teman baik, passion itu selalu berkembang, begitu juga dengan kepribadian kita, seiring dengan pengalaman dan kedewasaan πŸ™‚

    Tapi menurutku, yang terpenting kita bisa memaksimalkan semua potensi untuk hal positif πŸ˜‰

Leave a Reply

