Surabaya Day I

Lanjut cerita yang kemarin, gua ke Tunjungan Plaza itu buat ketemu sama temen lama (dan suaminya) ngerayain ultahnya doi. Sengaja pilih TP karena sejalur sama tujuan utama gua yang di Basuki Rahmat. Itu loh yang gua bilang ulterior motives wkakaka. Masih inget sama temen gua si Jessica?

image
With Jessica. Abaikan lengan gua yang gede bgt pliz
image
Le husband of Jessica

Makan-makan di food court sambil ngobrol ngalor ngidul kemana-mana. Paling demen ngobrol sama doi karena ga pelit informasi. Dan sepikiran. Dan kadang omongannya harsh truth (nah itu kan kembali ke gue mo terima omongannya ato engga, ya). Pecinta hewan. Pejuang kemudahan mixed marriage. Passionate in everything she does. Yah gitu-gitu πŸ™‚
Kelar makan Jessica & le husband pulang sementara gua lanjut NONTON! Di Bali itu nonton mahal makanya pas di Surabaya puas-puasin lah wkakaka. Harganya cuma separohnya. Gua nonton Get Married 5.
No review macem-macem ye tapi overall bagus! Kalo yang ke-4 kan tentang kekhawatiran May tentang umurnya yang pendek, nah ke-5 ini tentang perjalanan kerohaniannya. Lumayan relate sama kehidupan agama gua walopun basicnya beda.
Kelar nonton beli cake Holland Bakery bentar. Lah ternyata murah ye? Gua kira mahal karena merk hahaha.

image
15rb dapet 2. Gua demen yang lemon

Trus gua cao ke… Monkasel alias Monumen Kapal Selam! Ini udah jadi inceran gua dari kapan tau selain Monumen Yos Sudarso dan House of Sampoerna.. Ternyata kesampaian, yeeeiyy! πŸ™‚

image
Panoramic view of Monkasel

Masuknya bayar 10rb ajah pemirsa. Kapal selam ini terbagi atas tujuh ruang, pintu masuk di ruang pertama dan pintu keluar di ruang ke-7. Pertama masuk langsung disamperin sama mahasiswa magang disana, menawarkan diri buat foto-fotoin gua. Gua bilang ga usah foto tapi jadi guide buat gua! Jelasin apa aja yang ada disini beserta fungsinya.

image
Ruang Torpedo Haluan. Buat menembak kapal musuh

Kapal selam ini beroperasi pertama kali tahun 1962 so fungsinya bukan untuk kemerdekaan tapi perebutan wilayah Irian Jaya dengan negara lain (baca: Belanda dkk). Selama kapal ini beroperasi ada 10 peluru yang disimpan di ruang torpedo (ruang I) ini, 4 buah di tabung dan 6 buah di bantalan torpedo.

image
Maunya foto panoramic eh malah jadi kayak sosis πŸ˜† bantalannya di atas dan bawah

Berhubung torpedonya banyak jadinya jalur pengoperasian hanya cukup untuk satu orang berbadan kecil. Pas udah jadi monumen, torpedo disisain satu hanya sebagai pameran, itupun udah gada isinya lagi πŸ™‚ bungkusnya doang.
Oia di tabung torpedo juga bisa diisi 1-2 orang pasukan katak yang menyerang kapal musuh. Mereka bawa batu kerikil sebagai pesan yang ditembakkan ke ruang I bahwa mereka sudah keluar tabung.

image
Ruang komunikasi antarkapal

Ruang II itu buat istirahat, macam dorm jadi kasurnya bertumpuk gitu. Nah bilik komunikasi (foto atas) ini juga di ruang yang sama, fungsinya berkomunikasi internal dari ruang I – VII dan juga komunikasi antarkapal.

image
Guide gua. Lupa nanya namanya πŸ˜† magang dari kampus cuma 2 bulan, jurusan Kelautan

Keliatan jelas ga foto atas? Nah kalo mo pindah antarruang bentuk pintunya bulat dan agak kecil gitu.. Gua udah khawatir ga bakal muat ternyata muat-muat aja πŸ˜† Alhamdulillah πŸ˜†

image
Ruang III alias ruang pengendali. Ini kemudinya
image
Periscope, untuk melihat keadaan di permukaan. Bukan periscope socmed ya πŸ˜‰

Nah ruang III itu ruang pengendali. Jadi semua sistem kerja untuk menggerakkan kapal ini dan memantau pergerakan kapal musuh ada di ruang III ini.. Cara kerjanya, satu orang di kemudi + satu orang di periscope. Orang yang di periscope ngasih tau pengemudi kemana harus jalan: kiri atau kanan? Memang agak ribet karena sistem zaman dulu kan belum canggih. Fix kebayang berisiknya kayak apa, tapi kata guide-nya suara mesinnya halus sih. Kalo kedengeran, bakal ketauan kapal musuh dong :p

image
Termometer untuk mengetahui suhu kapal. Pake bahasa Rusia karena kapal ini asalnya dari Rusia.

Kata guide gue, para penyelam kapal itu musti bisa minimal dua bahasa asing, satunya udah pasti bahasa Inggris ya. Satu bahasa lagi tergantung wilayah pengoperasiannya dimana. Nah kapal selam jenis ini pake bahasa Rusia so awak kapal setidaknya bisa bahasa Rusia dasar. Daaann.. Menjadi penyelam khusus maritim gini gak gampang, sodara-sodara. Musti sekolah lagi.

image
Mesin diesel.
image
Penjelasan tentang Mesin Diesel.
image
Toilet kapal. Kalo mandi, dumping shits semua disini. Yang merah-merah pojok kiri itu tempat keluarnya air jernih. Shower zaman dulu.
image
Motor Listrik
image
Penjelasan Motor Listrik

Alat favorite gue karena keren πŸ˜€ Jadi mesin ini bisa menghilangkan keadaan kita selama beberapa saat (1-3menit lah) pada waktu kita ganti posisi (kiri kanan atas bawah) untuk mengecoh kapal musuh. Kalo pernah tau cara kerja pesawat di bagian cockpit, nah ini mirip-mirip dah. Ada di Ruang V atau VI gitu.
Ruang VII sama ruang I sama aja, isinya turpedo semua.

Journey hari I selesai! Duh gue seneng banget masuk monumen/museum kya gini, nambah pengetahuan banget πŸ™‚ Guide-nya juga informatif sekali. Really I got knowledge-gasm here hehehe.
Lanjut journey hari kedua di postingan berikutnya! πŸ˜‰

28 thoughts on “Surabaya Day I

  1. hahahaha saya ngakak abis grace pas nyampe dibagian maunya panoramic eh jadinya sosis

    ngomong-ngomong kapal selem jadi inget itu bunyi khas kapal selem di film-film itu

    salam
    /kayka

  2. seru banget sih ge, gue kapan ya terakir ke museum? kayanya jaman masih sd deh hahaha rencana mau bawa krucil jalan2 ke museum juga belum2 kesampean padahal seru ya jadi nambah pengetahuan banget πŸ˜€

    1. Re kalo ada waktu coba mampir ke museum2 yg di Kota deh itu bagus lho.. Gue suka bgt Museum Fatahillah, museum Bahari, museum Wayang hihihi. Mgkn kita minatnya beda ya tp iya Re, lumayan nambah pengetahuan banget πŸ™‚

  3. Wah museum kapal selam ya? Keren, saya belum pernah ke sana. Itu guide-nya ekspresif banget Mbak, pastinya atraktif sekali penjelasan-penjelasannya ya, sampai ada praktik menggunakan periskop begitu :hehe. Jadi ulterior motive-nya berkunjung ke museum ini? Atau sebenarnya masih ada tujuan yang lain? :hihi.

    Beuh, tapi tiba-tiba saya membayangkan hidup di dalam kapal selam. Agak-agak menyeramkan ya, di luar bukan udara tapi air laut… terus mana perang pula kan, salah-salah kapal bisa tenggelam karena dirobek torpedo kapal lawan.

    1. Untung kita mampir di museumnya aja ya Gara, ga jadi pelaku. Keren sih tapi ngeri euy πŸ˜…
      Iya ekspresif bgt berasa ngobrol sm temen bukan sama guide. Yg di Malang jg gitu tp aku belum sempet nulis :))) foto2nya banyak so musti ada waktu khusus buat nulisnya. And no, this one was not the ulterior motive, still I had another one! πŸ˜€

      1. Iya, saya tidak terbayang kalau saya yang harus berperang dan ada di kapal selam itu :hihi.
        Sip, so what was the ulterior motive? Guess I have to wait for the next blog post… :hehe.

Leave a Reply

