The Ultimate Guide for Fresh Graduate: INTERVIEW part II

Haiii! Jumpa lagi di postingan suka-suka gua hahaha. Daripada stress ngeliatin Zilko yang trip ke Jepangnya kagak kelar-kelar (aku iri, kakak! Huhuhu) mendingan ngelanjutin catatan kemarin tentang interview atau wawancara, kebetulan ada yang ketinggalan dan itu banyak! Huahaha so daripada di-edit mendingan bikin postingan selanjutnya aja.

Sebelumnya gua mau ngucapin makasih buat kakak-kakak blogger yang udah kasih masukan tambahan πŸ™‚

Ci Leony: Berdoa sebelum mulai interview.

Oom Arman: Senyum~~~

Mbak Ailtje: Baca kualifikasi dan ToR posisi di perusahaan yang dituju

Aiko: Jadi diri sendiri, jangan ada yang ditutupin

Kali ini lebih teratur dan organized karena ada catatan tertulisnya. Yo weis toh gausah banyak cingcong, cekidot!

  1. CV. Kalo kemarin kan ngebahas resume ya, dan CV-nya dikit-dikit. Nah kali ini khusus ngebahas CV, gua cuma mau bilang… bikin CV maksimal 2 atau 3 halaman aja. Biodata gausah panjangpanjang kayak zamannya binder merajalela *eh masih ada yang inget zaman ini gak sik?* yang isinya makanan kesukaan, minuman kesukaan, artis fave.. ga penting! πŸ˜† Isi aja yang standar macam nama, TTL, hobby (optional), alamat, no telp, email. Pendidikan terakhir? Yang formal ya, SD-SMP mah ga usah ditulis. Berhubung jalan hidup orang beda-beda, jadi ya masukkin aja apa adanya. Misalnya habis SMA/SMK langsung lanjut kerja, catet aja disitu ga masalah kok. Atau langsung lanjut ke diploma? Tulis. Yang langsung lanjut kuliah, kalo lo masih tingkat skripsian, tulis UNIV YYYY (tahun masuk – now); kalo fresh graduate, tulis tahun wisudanya aja, misalnya UNIV XXXX (2014) gitu. Trus kalo lo pernah ikut kursus, catet aja semuanya. Misalnya gue ya, kursus Bahasa Inggris di Β LPBA LIA tingkat Advanced II, gitu. Atau Kursus Piano di Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik (SM-YPM) tingkat 5, dll. Gitu dibikin detail dan jelas. Di CV gua, ada working experiences. Kalo fresh graduate kan belum ada tuh, bisa diganti sama kursus-kursus diatas. Kalo udah pernah kerja, optional sih kursusnya mau masukkin ato enggak. Asal ya itu tadi, sesuaikan sama jumlah halamannya.. Trus untuk Training & Certification dan pengalaman berorganisasi, masukkin aja kalo ada. Β Lalu CV gua tutup dengan skiils dan personal summary (kepribadian lo).
  2. PDF version. Jujur gua bilang, ini optional dan pendapat yang subjektif. Entah kenapa gua suka aja gitu ngeliat CV dalam versi PDF, mungkin karena jatohnya lebih rapi ya. So kalo gua ngirim lamaran pun, CV gua attach dalam bentuk PDF.
  3. Malam persiapan wawancara. Tidur cukup, hindari memakanΒ makanan yang aneh-aneh (baca: gorengan) biar pagi besok suara ga ikutan aneh dan parau, latihan ngomong di kaca, tatap mata dan mulut sendiri. Dengan menatap mata dan mulut pewawancara, artinya lo pede (percaya diri). Kenapa mulut ikut-ikutan? Setidaknya kalo lo samar-samar denger suaranya, lo masih bisa baca bahasa bibir. Eh, bisa kan?
  4. Basic Knowledge about the company. Ini penting banget, lo musti tau perusahaan macam apa yang akan lo masuki. Biasanya pertanyaan dasar macam, “Apa yang Anda tau tentang perusahaan ini?” “Bagaimana Anda akan berkontribusi dalam perusahaan ini?” dll. Temen gua ada yang secara fisik dan ilmu udah lumayan oke dan mantap buat bekerja, tapi gagal dalam menjawab pertanyaan ini. Hilang kesempatan deh. Saran gua, perusahaan besar pasti punya official website, baca section ‘about us’-nya lah.
  5. Reject the negotiation. Just in case lo suka sama perusahaannya tapi ternyata gaji ga cocok, waktu ga fleksibel, dan/atau jarak lumayan jauh. Itu semua sebenernya bisa diakalin tapi kalo emang bener-bener ga bisa, tolaklah dengan sopan dan halus. Bisa via email, sms, atau telpon. Tapi yang lebih sopan via telpon dan email sih. By the way, siapalah gua ini kok baru fresh graduate udah sok-sokan nolak kerjaan??? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Ya gitu deh.

Segini aja sih yang keinget dan semoga ga ada yang ketinggalan lagi. Sama-sama dan senang bisa membantu πŸ™‚ *nyolong start lol*

Advertisements

36 thoughts on “The Ultimate Guide for Fresh Graduate: INTERVIEW part II

  1. Aku masih buta dongs soal perusahaan yang aku lamar. Bruakakakakkk! πŸ˜›

    Tengs, Ge. Aku jadi harus serius nih nyarik tau. Rada-rada nderedeg kalok diwawancara. πŸ˜€

  2. Kursus piano kalau daftar jadi guru piano sih ok. Tapi kalau jadi resepsionis, misalnya, ga ok banget. Kursus yang dimasukkan yang penting aja dan yang relevan dengan posisi yang diinginkan.

    Personally, aku prefer CV satu lembar aja tapi kalau sudah punya banyak pengalaman dua lembar is okay. CVku cuma 1 lembar dan orang bisa lihat kualifikasiku karena kata kunci yang aku pilih.

    1. Kalo aku sih tetep kumasukkin mbak biar orang tau aku punya banyak keahlian *sombong* wkakak πŸ˜› anyway CV 1 hal aku blm pernah nemu euy, selalu 2 gt. mind to share, mbak? penasaran

  3. Kadang diawal wawancara dengan pertanyaan coba ceritakan siapa diri anda, jika tidak ada persiapan udah mikir lama atau jawabannya panjang banget atau pendek sekali.
    Bahkan saya nulis alamat blog saya di cv, biar tau kalo saya juga blogger, wkwkwk…

  4. tapi perusahaan jaman sekarang klo skill suka ga diliat, soalnya kadang suka ada pelamar yang boonk sih, skill bisa ini dan itu pada prakteknya ga bisa. kek g… lulusan accounting pakai excel ribet banget deh! masa yang dasar-dasarnya enggak ngerti ? kekekekek~

      1. hmm… yang waktu itu apply fresh graduate sih… emang lom ada pengalaman kerja, tapi masa dasar ms. office ga ada sih ?! baru lulus lho! kecuali nganggur 3-6bln mungkin deh lupa πŸ˜€

  5. kamu les piano di YPM juga? wahahahahaha… samaan kita… aku juga tulis loh kursus piano, padahal dulu ngelamar graphic design hahahaha…. ya sapa tau level kita naik ya gara2 bisa main piano… toh kursus beneran, bukan asal tang ting tong doang hahahaha…

  6. Aku terakhir wawancara kerja udah 9 tahun yang lalu..udah lupa waktu itu ditanyain apa aja πŸ˜€

    Cuma yang pasti ya itu dia, jawabnya musti sambil senyum dan ngasih tatapan yang meyakinkan πŸ˜€

  7. OMG post ini mengingatkan gua akan harus segera bikin CV dan portfolio buat curi start dapet tempat magang di semester 7. *belom dibikin* :”””)

    anyway, tipsnya super membantu hoho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s