The Ultimate Guide for Fresh Graduate: INTERVIEW

Haiii.. Nongol-nongol judulnya serem banget yah macam experts ajah ๐Ÿ˜€ Padahal ga bermaksud gitu lho cuma mau share pengalaman pribadi~

Gua gada latar belakang psychology or ilmu komunikasi or anything related to this stuff, ya. Gua hanya kenyang interviewย pernah sampe 5-6x dalam sebulan dan untung hampir semuanya nyantol (karena berbagai pertimbangan, sadly beberapa harus gua tolak). Kebetulan juga minggu lalu nemenin adek kelas ke perusahaan tempat dia berencana PKL (Praktek Kerja Lapangan โ€“ you name it, lah). Dia minta saran trus gua kasih tau apa aja yang pernah gua hadepin selama di-interview. Oia berhubung gua tinggal di Bali so kondisi ini gua gambarkan sesuai lokasi tinggal gua ya, kalo ada beberapa hal yang sama ato beda di kota masing-masing, tinggal di-adjust aja ๐Ÿ˜€

Warning: This will be a very long post. Siapin cemilan! ๐Ÿ˜€

Okay here we are, letโ€™s start!

  • Lowongan Kerja. Sebelum memasuki dunia kerja, lo harus tau dulu apa yang lo inginkan selama bekerja. Gaji tinggi? Jenjang karir yang oke? Lingkungan kerja yang sehat? Fasilitas kantor macam fitness centre, insurance, uang makan & transport, etc? Tentunya hal itu berpengaruh dari beberapa hal ini: latar belakang pendidikan, skill, dan minat (passion). Kebetulan gua pernah nyobain tiga-tiganya. Latar belakang pendidikan gua adalah IT โ€“ FMIPA (bukan teknik, gua masih bingung bedanya apa) dan waktu itu ada lowongan jadi Search Engine Optimizer. Gua ngelamar freelance disana. Gajinya sih standar UMR tapi berhubung pekerjaan ini gada di mata kuliah manapun di kampus gua, gua dapat ilmu baru dari sana. Jam kerja pun flexible, bisa disesuaikan dengan waktu gua yang penting report harian kelar sebelum jam 18:00. Skill gua sendiri adalah musik, gua pernah kerja juga jadi guru vokal dan guru piano. Yup, kerjaan yang ini dilaksanakan setelah gua selesai kerja pagi-sore jadi SEO ๐Ÿ˜€ So kerja jadi guru vokal dan guru piano adalah health therapy buat gua biar tetep waras haha ๐Ÿ˜› Sedangkan impian gua waktu bekerja adalah gua pengen ketemu banyak orang hebat yang berpengaruh dalam hidup gua, ngobrol-ngobrol tentang pengalaman masing-masing dan berbagi hal yang positif, sambil mengembangkan bahasa Inggris dan Mandarin gua yang masih dalam tahap belajar ini. Well, ini semua gua dapatkan ketika kerja jadi Liaison Officer atau Personal Assistant. Freelance juga.
  • CV + Resume (subject, body email, bahasa). Yang ini penting banget lahโ€ฆ Gimana mau dipanggil interview kalo belum nyerahin CV dan resume ๐Ÿ˜† Lain ceritanya kalo walk-in interview yah, ย tinggal di-print aja. Kalo ngirim lamaran online atau via email, gua minta tolong dengan sangat, JANGAN BIARKAN BODY EMAIL KOSONG. Tulis resume lo disitu! Pada dasarnya perusahaan ga mau baca CV panjang-panjang so untuk mengurangi jumlah halaman, jabarkanlah diri lo dalam bentuk resume di dalam body email. Di resume lo bisa jelaskan kondisi lo saat ini (mhs/fresh graduate, univ + jurusan yang lu ambil), posisi yg lu mau + nama company, sumber vacancy, alasan bergabung, etc. Kalau perlu tulis juga kepribadian lo secara singkat, padat, dan jelas. Begitu juga dengan isi CV, sesuaikan dengan posisi yang lo ambil. Temen gua yang FEUI kreatif banget loh lamarannya, udah ngalah-ngalahin anak design, padahal belum tentu perlu, CV biasa juga beres. Isi CV-nya anak Typography pasti juga beda dengan anak lulusan Design Interior, so sesuaikan aja ya. Untuk subject email, biar lamaran lo bisa langsung ke-notice sama interviewer, pake format ini: CV + Resume: [nama lo] [(posisi lamaran)]. Gua pake subject ini langsung dibales/ditelpon kurang lebih 3-6 jam saja. Kalo kirim lamaran pagi, siang langsung ditelpon. Inget ya masih ada jeda makan siang buat cek-cek email, sabar aja. Gunakan bahasa yang pantas, yang baik dan benar ketika menulis resume. Whether using English or Indonesian, dua-duanya musti formal ye book.. Lo kate lagi curhat ke sahabat?! ๐Ÿ˜†
cth resume
Contoh resume yang gua bikin. Please make your own one ๐Ÿ™‚
  • Pakaian + Dandanan Interview: Buat cewek: simple make-up & kitten heels are enough. Show the true you. Buat laki: sepatu pantofel + jam tangan. Kayanya pake sepatu keds dulu juga boleh deh kan nunggu gajian dulu buat beli sepatu pantofel ๐Ÿ˜€ Walopun ga mungkin juga di rumah ga punya pantofel barang sebiji, dua biji. Aksesoris ga usah lebay biar fokus dan konsentrasi waktu di-interview. Ikat pinggangnya nyantai aja bro, ga usah ngalah-ngalahin petinju! ๐Ÿ˜†
ban pinggang
Via http://gatotkacaa.blogspot.com/p/sedia-peralatan-bela-diri-kumplit.html
  • Sama seperti isi CV, sesuaikan dengan posisi lamaran yang dituju. Kalo lo interview di perusahaan design (fashion, interior, eksterior, art, etc โ€“ kebanyakan nonton K-Drama nih!), berpakaianlah sekreatif mungkin. Setiap orang ada limit sampe dimana dia enak dilihat. Perusahaan umum seperti bank, IT Company, PNS ya jelas pake pakaian berkerah + berbahan kain. Warna-warna gonjreng macam shocking pink atau neon green kayanya bisa deh tapi lebih diutamakan pake warna netral seperti putih, coklat, abu-abu (gua ga doyan item), atau warna-warna pastel. Perusahaan-perusahaan lain juga ada yang โ€˜santaiโ€™ dan ga terlalu merhatiin dresscode seperti entertainer (music, production house, etc), writer, publisher, journalist, hospitality, etc. Trus usahain wangi, ye! Kalo ga biasa pake parfum, masih ada tisu basah yang ada parfumnya. Pilih yang baunya tidak menyengat (jangan yang bau kemenyan juga, ๐Ÿ˜† ) Intinya: NYAMAN dan GA LEBAY. Percaya-ga-percaya terakhir kali gua kerja jadi LO gua cuma disuruh pake pakaian hitam-hitam. Ya gua modif lah pake scarf kuning kek, atau sepatu gonjreng kek, atau red lipstick kek, atau aksesori rame biar ga dikira habis dari pemakaman ๐Ÿ˜› Awas bau ketek karena baju item cenderung bawa hawa panas lebih tinggi.
  • Pembahasan Interview. Biasanya lo disuruh cerita tentang diri lo, gua biasanyaย cerita tentang kegiatan setahun terakhir. Kalo ditanya sesuatu sama interviewer, boleh jawab dengan jujur (kalo lo anaknya naรฏve/polos ๐Ÿ˜† ), boleh juga jawab bohong (kalo lu ga takut nama baik lu rusak :P) <– Sesat banget nih ๐Ÿ˜› Yah cerdik-cerdiknya aja lah. Yang pasti dibahas adalah jobdesc (tanggung jawab kerjaan lu), jam kerja (kalo ada shifting time, sesuaikan aja dengan kondisi lu), dan gaji. Nah! Masalah gaji, kalo fresh graduate sopannya jawab gini, โ€œI will follow the company standardโ€ atau โ€œSesuai kebijakan perusahaan.โ€ Kalo di bawah UMR lu bisa protes tapi kalo diatas UMR tau diri lah yaโ€ฆ Belum ada pengalaman gitu. Coba cek dulu itu UMR dan UMP-nya. Bagus kalo lo fresh graduate yang sempat bergabung di berbagai macam kegiatan kampus (jadi panitia) karena itu lumayan membantu. Bawa sertifikat-sertifikat yang lu punya, โ€˜jualโ€™ itu semua. Lo fresh graduate yang punya pengalaman kerja (karena waktu liburan elu pun juga bekerja *tidak ongkang-ongkang kaki seperti yang lainnya*)? Biasanya lebih lancar lagi untuk negosiasi gaji. Makanya pas kuliah jangan kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang aja.ย 
  • Tambahan. Yang kecil-kecil aja sih ini, misalnya:
  • Latihan ngomong sebelum interview. Minta jeda waktu 1-2 hari dari jangka waktu kirim lamaran biar ada persiapan. Latihan ngomong sama kaca, perhatiin cara bicara lo, body language lo, etc. Ngomong sama bayangan sendiri aja udah gagu-gagu gimana mau ngomong sama interviewer?
  • Sarapan itu penting, jendral! What more can I say?
Ja
Jangan abaikan ini, ingat itu.
  • Siapin ongkos dan mental. Udah itu aja.

Semoga berguna buat teman-teman yang membutuhkan, yaโ€ฆ Buat kakak-kakak yang mau tambahin di kolom komen, boleh banget lho ๐Ÿ˜‰ Wish us luck!

38 thoughts on “The Ultimate Guide for Fresh Graduate: INTERVIEW

  1. Kenapa kalo laki mesti pake jam tangan? Hahahah ada ada aja… :p

    Tambahan tips, kalo interview harus banyak senyum. That would help a lot. ๐Ÿ™‚

  2. Tipsnya lengkap banget nih. Bisa nih dibuat jadi acuan buat aku ngajuin lamaran. Hmm kalau rambut gondrong bisa gak ya diterima? Pas interview gak dipotong tapi dirapihin aja ๐Ÿ˜€

  3. Huahahah.. Aduh Ge, aku jadi kembut nih! Males banget rasanya interview, kalok ngga butuh duit en pekerjaannya.. Wakaakakkkk ๐Ÿ˜€

    Makasih sarannya yak. Ngebantu banget! :3

  4. Aku bisa tahu lamaran fresh graduate dengan mudahnya, biasanya filenya gedeeeee banget dan ngelampirin dokumen seabrek-abrek. Di tempatku, sertifikat seminar ini itu sangat gak diperlukan.

    Kalau untuk wawancara, saranku baca yang bener quafikasi dan ToR tentang posisinya, biar gak blank.

  5. hai ge^^
    *catetinTIPS
    Asli deh… kok ya kebetulan bngt lo bikin tips ini pas gw butuh bngt pencerahan…wakakakaka
    iya nih bner bngt… paling gelagepan kl ditanyain “mau gaji berapa?”
    thanks ya ge… tipsnya oke bngt… ๐Ÿ˜€

    1. Sama2 Kei, semoga bisa memnbantu ya ๐Ÿ™‚
      Percayalah selama lo punya skill banyak, minta gaji diatas UMR dikit perusahaan pasti mempertimbangkan masak2~ Good luck, ya! โค

  6. dari lulus kuliah langsung bercokol di kantor keluarga ini… jadi ga pernah ngerasain interview hehehe…
    eh pernah 1x dapet panggilan dari HSBC dan Breadtalk tapi gua ga datengin secara mereka tau gua dari buku tahunan (buku kelulusan ya kalo ga salah). Gua ga pernah apply ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

