Ga Akan dan Ga Mau Lupa

Get dinner with the Koreans! Yahooo!~

*Long post alert, kalo ga doyan baca panjang-panjang di-skip aja 😛 *

image

Semalam (Feb 21st) gua dinner sama tamu gereja gua yang dari Korea. Barengan juga sama temen gereja yang lain dan temen kost. Kok bisa? Begini ceritanyaaaa…

Gereja gua yang di Bali ini kan termasuk multilingual ya, karena ada beberapa interpreter bahasa Inggris dan bahasa Mandarin (yang ini bukan gua tentunya, musti perfect HSK dulu plus Biblical words-nya musti jago). Biasanya temen-temen bule yang lagi berlibur ke Bali (kebanyakan Australian) nyari gereja pasti via internet dong, diketik lah itu ‘SDA BALI’ di mbah Google. Gereja gua dapet urutan pertama di halaman pencarian karena nama website-nya adalah keyword yang paling banyak dicari dan merupakan situs bahasa Inggris (salah satu kunci SEO kalo mau jualan/ber-marketing via internet, kayak gini).

Mungkin hal itu jugalah yang dilakukan oleh orang Korea ini. Yup, they’re Korean Adventists couple. Dateng pas break-time, duduk di bangku belakang gua dan Jojo, gua salamin lah ya… Sambil tanya,

Where do you come from?”

“Korea,” jawab si perempuan.

“Oh! 안녕하세요 Annyeonghaseyo~” kata gua lagi. (kikikik disini lah keseruan dimulai!).

“ 안녕하세요 Annyeonghaseyo~” sahutnya lagi. Ya, orang Korea emang demen sahut-sahutan, sepanjang pengamatan gua di K-Drama 😆

Udah lah ya ibadah-ibadah-ibadah (gua sempet ketiduran karena pak pendeta khotbahnya lama banget, 1 jam! Gua pake tidur pula zzzz :/ ), trus tiba jam potluck. Di gereja gua ini, potluck berguna untuk membaur dengan teman serohani setelah beberapa hari atau seminggu ga ketemu. Tamu-tamu juga dipersilakan ikut potluck dong, biar kita bisa kenalan dan ngobrol-ngobrol sambil makan gitu. Makanan potluck ditaruh di meja panjang dan yang ngambil makanan ngantri mulai dari nasi, lauk, sampe kue-kue dan kerupuk.

Di depan gue rupanya si Eonni alias kakak perempuan Korea ini. Pas dia lagi nyendokin sayur, gua samber lagi lah…

“찰 먹겠습니다 Chal meokgaess-seubnida…,” yang artinya ‘selamat makan.’ Arti harafiahnya ‘Makanlah dengan baik/nyaman.’

O, 찰 먹겠습니다 chal meokgaess-seubnida~…” pake senyum. Kikikik~

Tadinya mau ngambilin bangku buat mereka berdua kan sambil ngomong “앉 주세요 Anj-juseyo” alias ‘silahkan duduk’ tapi keduanya keburu ngacir ke ruang samping. Ya sudahlah.

Kelar makan, gua nganterin Jojo ke lapangan parkir karena doi mau cao abis gereja. Pas Jojo uda jalan, gua balik lah ke depan gereja… Eh ada orang Korea lagi ngobrol-ngobrol sama bang Rocky! Bang Rocky, karena tau gua doyan ama yang sipit-sipit, manggil gua,

So she is the pianist of this church and she can also speak Korea.” (Lebay emang, tapi gua doyan! 😆 )

Oh really?” si cowok meyakinkan diri, yang gua jawab dengan, “내~ 좀 Nae~ jom” artinya ’Ya, sedikit.’

They were shocked! Kagak nyangka ada orang dari belahan negara lain bisa nyahut pake bahasa mereka hohoho… Yaudah ngomong-ngomong lah kami pake dua bahasa, Inggris dan Korea kikikikik (yeay! ^^)

Pertama gua tanya nama kan, gue bilang, “이름은? Ireum-eun?” Yang dijawab dengan “SKY 신기영 Shin Ki Young,” oleh si Oppa (kakak laki-laki) dan “Bella 김진오 Kim Jin Oh,” oleh si Eonni (kakak perempuan). Start from this introduction, percakapan mengalir kemana-mana… Banyak juga kosakata Korea yang gua keluarin, itung-itung ngelatih diri lah. Mulai dari “ 너무 비사 Neomu bisa, 돈 없어요 don eobs-eoyo (mahal banget, gada uang),” “펜이야 paen-iyaa~ (nge-fans sama seseorang),” “싶년 ship-nyeon (10 tahun – umur gereja gua),” “우만 싶만 wu-man ship-man rupiah (50rb-100rb rupiah – harga denda/nyogok polisi nakal),” sampe ke… “밥같이 먹고요 bab kat-i meokgoyo, tonight! (makan bareng malam ini!)” yang tentu saja mata gua langsung berbinar-binar wkakakaka.

Pertamanya gua bingung bakal dateng apa kagak karena gua kan gada kendaraan, Bang Rocky pake motor sih tapi kan dia pasti bonceng kak Sandra. Malam minggu gitu loh~ Masa pacar ditinggal di rumah, dinner sama cewek lain pula! (tunjuk diri sendiri 😆 ) 😆 Ya gitu deh sampe akhirnya gua minta tolong ke temen gua yang lain buat anterin. Pulangnya? Gua kabarin lah temen kost gua, gua ajak makan di Soerabi, dan doi mau. Eh ga taunya kita semua ditraktir makan di Sate House Dewi Sri, Kuta.

Ada kejadian lucu sebelum ketemu sama Korean ini malam hari. Bang Rocky awalnya ragu mau ikut ato kagak karena kalo diajak makan belum tentu ditraktir/dibayarin kan, nah gua bilang “Biasanya kalo bule ngajak makan artinya mereka traktir kita bang, percaya deh sama gua.” Karena gua mikirnya, sapa ngajak makan, doi yang bayar, kecuali kalo dari awal bilang buat go-Dutch (kultur Asia emang begini). Eh pas ketemuan di hotel si SKY bilang, “tonight I will pay!” Langsung sumringah bang Rocky 😆

Gua sendiri karena berangkat dari gereja (bang Rocky dan kak Sandra balik dulu ke kost, gua kagak), nyampe di Sate House agak telat kan. Dateng-dateng langsung bilang, “죄송합니다 Joesonghabnida~” yang disambut pake senyum-senyum sama Bella 😀 Ga lama kemudian temen gua Bintari langsung dateng. Gua kasih tahu lah sama SKY kalo nanti gua pulang bareng Bintari tapi dia Muslim, ikut gabung sama kita boleh ga? SKY jawab, “괜찮아 Gwaenchanh-a, my first time,” sambil gerakin tangan nutupin kepala 😆 Ditanyalah namanya, dijawab “Tari.” Agak bingung, gua bantu lah jawab, “Long legs,” sambil nunjuk kaki (다리 tari = legs in Korean) 😆

Order makanan, si SKY pengen makan Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Sapi all in LARGE size 😆 trus tambahan sayurnya ada Tumis Sayur isi jagung dan kacang panjang, dan Gado-gado. Makanan dateng, kita minta SKY doa pake bahasa Korea. Cieeee doanya bagus loh! Katanya, “Tuhan terima kasih atas makanan ini kami akan makan dengan baik. Terima kasih juga dengan teman baru yang kami dapat, kami senang sekali. Amin” (pake bahasa Korea tentunya, I didn’t remember the exact words tapi artinya kira-kira gini).

Sama seperti di gereja, semuaaaa hal diomongin dan kebanyakan seru! Mulai dari 남친 여친 namchin-yeochin (남자 친구 namja chin-guboyfriend dan 여자 친구 yeoja chin-gu – girlfriend), 육천 명 yuk-cheon myeong (6rb orang – korban tsunami Aceh 2004), 남편 nampyon – 아내 ane (suami – istri, disini gua sempet salah sebut pake ‘마느라 maneura,’ aslinya ga boleh karena itu sebutan kasar), 미안해요 mianheyo (maaf), 밥 안좋아 bab anh-joh-a (nasi ga enak 😛 ), 재미 있어요 jae-mi iss-eoyo (menarik/lucu), 맛 있어요 mas-iss-eoyo (ada rasa/enak), 반말 ban-mal (informal words), 너무 많아 neo-mu manh-a (sangat banyak – waktu ditanyain favorit artis gua siapa), 안받아 an bad-a (ga jawab telepon), 매세지 meseji (message — derived word), etc etc etc 😀

Pas lagi asik ngobrol gitu tiba-tiba SKY bilang, “Nanti kalo ke Korea hubungi aja kami, stay with us! 인천 Incheon Airport!” Yang tentu aja disambut dengan kata hati gue, “Asik! Urusan akomodasi beres!” 😆

Kelar makan fotoan dulu bentar trus pulang. Pamitan gua bilang gini, “너무 감사합니다~ 만나서 반가워요 Neo-mu gamsahabnida~ Mannaseo ban-gawoyo~” (thank you so much, really glad to meet you) yang disahut Bella dengan, “나도 반가워요 Na do ban-gawoyo~” 😀 Trus si SKY pukul pelan kepala gua yang ditutupi helm. Kaget dong! Gua bilang, “ 깜짝이야 Kkamjjhak-iyaa~” eh doi malah ketawa-ketawa aja hahaha sial.

Ah aku bahagia~ Ga sia-sia gua belajar bahasa Korea. Sepanjang jalan pulang ke rumah gua senyum-senyum mulu di motor. Tanya aja Bintari! 😀

sky bella korean
“Eating with brother and sister. There’s chicken! Taste delicious! Thank you~”

ps1: biasa kalo bukan English native speaker pasti ngomongnya broken English ya. That’s what we did: lol:

ps2: pas lagi makan kak Sandra ada bilang, “Ge sering-sering dong ngomong bahasa Korea, gua berasa lagi nonton drama.” 😆 Next time ye kak…

30 thoughts on “Ga Akan dan Ga Mau Lupa

    1. Hei Wiiill 🙂 the title means “Won’t Forget and Don’t Want to Forget.” It’s the story about my experience having dinner with the Koreans and sometimes used Korean languages to practice with them hoho. 我告诉你咯~ learning Koreans is not really hard (once we know the grammar). How’s the “writing Chinese” process on your blog?

      1. It’s good! Just got really busy this week which slowed down my process of posting. Got a big project coming…how do you like the writing Chinese part and other section?

      2. I rarely open the WP using laptop, truthfully speaking.. Cellphone can’t read/extract the audio program or videos which not using youtube. But overall I appreciate your hard work, Will. Keep it up!!! (y)

  1. Ge…kamu emang kursus bahasa korea ya? Kayakknya udah fasih banget.

    Kamu gereja yg mana deh ge? Yg di jl. Surapati bukan?

    Kayaknya familiar ama nama Rocky. Yg rambutnya kribo bukan sih ge?

    1. Engga kak aku kursus Mandarin aja, Korea-nya otodidak di film & lagu hehe 😀 Aku gereja di Jimbaran, nama gerejanya SDAC Nusa Dua Bali, kak Jo uda klik link di atas? Yg di Surapati soalnya kejauhan. Di Bali gereja Advent ada 7 tempat, kak.
      Iya, bang Rocky yang kribo 😀 dl segereja sm kak Joice tha?

      1. Oh I see

        Nggak, inget dulu dikenalin ama Daniel dan Lyan nggebu(gereja di surapati) dulu. Pernah fotoan bareng dulu. Makanya inget ama rambut kribonya. Hehe tapi Rocky ga inget aku kali Ge.

      2. Ohhh~ kak Lyan sekarang di Nusa Dua kak, satu gereja sm aku.. Ketua PA 😀 kakak mo nitip salam? Ntar aku sampein. Kenal kak Lyan waktu masih sm2 di UNAI tha, kak Jo?

        Emg orang Advent ini lah ya.. Dari Sabang sampe Merauke saling kenal semua 😆

      3. Hahahah salam kangen pake banget ama Lyan ya Ge! Panjang ceritanya. Tanya dia deh. Tp yg pasti akunpernah ke bali sendirian dan Lyan nemenin aku kalo malem. Paginya dia gawe,aku jalan2 pake turguide..hahaha gila deh itu. Malemnya kita ikut KKR

  2. Wuih canggih loh kamu. Org kadang belajar bahasa itu emang katena interest ya. Gara2 doyan nonton drama n denger lagu korea jadi tertarik belajar bahasanya. Kalo suami saya banyak belajar bahasa Inggris dr kecil gara2 main game hahaha. Apalagi yg RPG kan banyak ceritanya tuh.

  3. Hahaha, keren Grace bahasanya 😀 .

    Btw, kalo disini justru beda. Kalo diajakin pergi keluar makan pasti itu maksudnya mesti bayar sendiri-sendiri, hahaha 😆 . Yaa, tau diri aja lah ya makan di luar disini kan mahaaall 😛 .

  4. ge ini mah lo udah jago bahasa koreanya keren keren… belajar sendiri ya? gue jg lagi iseng2an belajar bahasa sendiri nih, tapi seringnya males hahaha payah ah..

  5. Ihh kece bgt sihh kamu, Ge 😀 Emang kalo belajar bahasa mesti sering-sering dipraktekin yah biar makin canggih 😀 Jadi abis ini nabung dong biar bisa ke Korea yess 😀

Leave a Reply

