Biaya Liburan di Bali

Halaaahhh baru nongol sekarang nih lanjutannya setelah postingan yang dulu-dulu tentang biaya hidup di Bali nongol. Pas banget lagi musim liburan gini 🙂 Libur Natal dan Tahun Baru. Pake musim hujan, huwoooww ademm langsung tanah Bali ini bau tanahnya enak, setelah beberapa bulan gersang dan panasss. Oke deh gausah banyak cingcong gua langsung jabarin satu-satu aja ye, tentang: Akomodasi, Transportasi, Kuliner, dan Tempat Wisata.

Intermezzo: Sempet nih tangan kepleset nutup tab postingan ini, gua udah mau sedih aja karena capek banget nulis dan browsing-nya, untung masih bisa di-restored HALELUYAH!

ps: Semua harga disini didasarkan pada 2 hal: Tahun 2014 sebelum kenaikan BBM dan High/Peak Season.

1. AKOMODASI

Nginep-nginep disini pilihan tinggalnya bervariasi, ada Inn, hotel, villa, apartment, bed&breakfast, dll. Teman-teman blogger yang lain juga pernah share/review penginapan mereka di blog masing-masing. Harga disini biasanya tergantung lokasi, kalo di perkotaan macam Denpasar tempat gua kemarin Nyepi-an ada yang Rp600.000,-/malam tipe family room (2 kasur king sizes, kulkas, TV, AC, lemari 3 pintu, kamar mandi, dapur) kamarnya neat and clean, menurut gua udah lebih dari cukup. Ini modelnya sih apartment so pasti ga dapet breakfast ya, kan udah ada dapur, masak sendiri donk 😀 xixixi.

Beberapa waktu lalu gua dan anggota gereja stay 1N di Star East Bungalows di Karangasem, tinggal disini juga enak dan nyaman. Bersih, staffs-nya ramah dan cekatan, rate lumayan rendah (untuk penginapan di daerah pinggir desa), makanannya enak. Standar bungalow dan villa pada umumnya lah, shower air panas juga ada, kamar mandi lengkap pake washtafel dan kloset. Kamar tidur luas, 1 kamar = twin beds so kalo tidur ga pake desak-desakan. Cocok juga buat liburan keluarga. Ada TV, AC, lemari baju, meja kecil.

Tempat tinggal lain rekomendasi gua:

Patrajasa Hotel, milik Pertamina. Deket banget dari bandara, tinggal ngesot haha. Maksud gua saking deketnya bisa 5min sampe naik mobil. Kamarnya rapi, bersih, service bagus.

Grand Whiz Nusa Dua, hotel bisnis daerah BTDC Nusa Dua dalam kawasan perhotelan, padahal sekitarannya pantai gitu haha. Termasuk open-space hotel (green-environment concept banget), service-nya oke, staffs-nya ramah.

The Royal Eighteen Kuta, pernah stay disini satu malam gara-gara sepupu gua dari Oz mampir ke Bali. Ga nyobain breakfast-nya lol 😆

Hotel Mercure di sebelahnya Mall Bali Galeria, hotel dinas bokap gua tahun ini.

J4 Hotel Legian, nama hotelnya lucu ya 😀 Gua sendiri ga tau kenapa namanya begini. Lokasinya cocok buat yang seneng dugem 😆 LOL. Sebelahnya langsung Sky Garden, mantap kan! Tante gua waktu liburan kesini, bawa anaknya masih SMP, heran kok tiap malam jedag-jedug tidur hampir ga nyenyak.. Eh ga taunya. Btw breakfast-nya enak!

Gua ga terlalu perhatiin detail sih harga-harganya so bisa survei sendiri ya, tentukan budget-mu. So far semua hotel gua suka (apa gua yang ga banyak komplen makanya suka-suka aja hahaha) trus bokap gua juga sempet stay di satu model bed&breakfast gitu tapi gua lupa namanya, jalan kesananya yang lumayan inget, piye toh 😛

2. TRANSPORTASI

Seperti yang gua bilang sebelumnya bahwa transportasi disini rada-rada susah (kirim proposal ke pak Made Mangku Pastika buat banyakin transportasi umum), mendingan sewa motor/mobil dah. Kalo cuma pergi berdua mendingan sewa motor aja, sehari biasanya Rp75.000,-an gua lupa deh udah sama uang deposit apa belom. Tinggalin KTP (iye jangan sama SIMnya, bawa STNK yang dikasih). Kalo ngojekkan, biayanya Rp35.000,- untuk 1x jalan. Bilang aja dapet dari gua pasti dikasih murah, udah langganan karena pasti dipesen dulu hehe. So far pengendara motor disini sama brutalnya sama Jakarta lol so ya banyak bersabar ya 🙂 Kalo sewa mobil yang lepas kunci, Kijang Innova sekitar Rp275.000,-/12jam dan Avanza-Xenia sekitar Rp250.000,-/12jam. Sementara kalo full mobil+driver+bensin itu Rp750.000/12jam untuk Kijang Innova (Avanza-Xenia bisa lebih murah lagi). Rata-rata segini kok so kalo dikasih harga lebih, tawar-tawar terus sampe dapet harga segini.

Bisa kok kalo mau naik bus kemana-mana, so far rute bus baru ada 2 koridor, Sarbagita GWK-Denpasar dan Sarbagita NusaDua-BatuBulan. Jam kerja pukul 05:00wita – 20:00wita. Bisa banget kalo mo ke Pasar Sukawati naik bus ini! Caranya: Naik Sarbagita jurusan NusaDua/Batubulan, naiknya bisa dari Bali Collection Nusa Dua (dalam kawasan BTDC) trus turun di perhentian paling ujung di Batubulan, cari angkot sedang gak resmi biasanya warna biru tua/dongker, naik itu, trus tanya ke pasar sukawati harganya berapa. Biasanya CUMA Rp10.000,- sekali naik. Ada juga rute-rute lain yang, walaupun terbatas, lumayan lah buat dicoba hehehe. Cuma satu kekurangannya: lo musti sabar menunggu. Ada juga angkot kecil warna ijo gratis, biasanya ngelewatin daerah kecil sekitaran Sarbagita  yang ga bisa dilewati bus besar ini. Oia Sarbagita ini juga bisa ditelpon, loh! Kalo mau nomornya bisa japri gua aja langsung 😀

3. KULINER

It’s makan-makan timeee! 😀 Yeahhh. Hahaha. Kalo lidah lo termasuk fleksibel, makan di pinggir jalan juga bisa kok, istilahnya amigos lah, alias a-gak mi-nggir go-t s-edikit wkakaka 😆 Becanda ding, kalo lagi di Ubud biasanya gua makan di Bebek Tepi Sawah. Bebek Bengil juga oke (tapi makannya Ayam Betutu). Seafood resto yang terkenal di Jimbaran tuh Menega Cafe, itu loh jenis resto yang ada di pantai Jimbaran. Berhubung eike ga makan seafood so sori-dori-mori yah eike ga bisa review. Abis itu gua suka ngemil waffle cantik di Flapjaks Kuta, trus katanya PotatoHead enak sih, gua sendiri belum pernah coba. Kalo pengen cari makanan yang bervariasi, lo bisa ke daerah Teuku Umar Denpasar dan Dewi Sri Kuta, disana pusatnya jajanan/makanan dan elektronik, puas-puasin aja disitu. Kalo di Teuku Umar dulu gua langganan makan di Sushi Qombi karena sesuai kantong aja hehe, rasa dan harga sebanding. Pas ultah temen gua kemarin kami dinner di Jebak (Jejak Bali Kuliner) yang isinya beragam kedai makanan, disana gua makan Lasagna-nya Deliziosa harganya hampir Rp40.000,- tapi porsinya gede dan rasanya endeeeuus banget serius gua ga lebayy! Temen gua yang baru pertama kali nyicipin lasagna langsung bilang enak, bagi dua deh, lumayan lah porsinya gede so jatah gua ga habis-habis banget 😛 hehehe. Apalagi yah? So far itu dulu deh yaaa hihihi.

Oia tempat makanan wajib sambang: Warung Pedas Bu Andika dan Warung Pecel Bu Tinuk. Untuk cek-cek ombak kuliner lainnya silakan klik disini.

4. TEMPAT WISATA

Ini mah kayaknya udah gausah dijelasin lagi kali yah, umum banget! Jimbaran dan sekitarnya: Pantai Jimbaran, Dreamland, Padang-Padang Beach, Blue Point, Pecatu Golf Club, GWK, Karma Kandara, Pantai Kutuh. Nusa Dua dan sekitarnya: Pandawa Beach, Nusa Dua Beach, BTDC, Tanjung Benoa, etc. Kuta dan sekitarnya: Pantai Kuta, Joger, Pantai Legian, Pasar Seni Kuta, PotatoHead (iye, bisa jadi tempat wisata juga dia), etc. Sanur: Pantai Sanur. Ubud: Museum Antonio Blanco, Ubud Monkey Forest. Gianyar: Bali Bird Park, Bali Zoo, pasar Sukawati. Karangasem: Amed — Pantai-pantainya cocok buat snorkeling. Taman Ujung, Tirta Gangga. Lainnya: Tanah Lot, Taman Ayun, lihat lumba-lumba di Lovina, errr… Apalagi yah? 😮

Hehehe maaf ya kalo segini dulu kemampuan gua. Semoga membantu ya! Kalo mau tanya-tanya atau minta tolong gua buat jadi host/guide, silakan japri 😉 Kalo bisa, pasti gua bantu.

See ya! ;D

34 thoughts on “Biaya Liburan di Bali

  1. Aku kalau ke Bali wajib mencari Nasi ayam bu Mangku. Agustus kemarin kerja sepuluh hari di Bali nggak sempat kemana-mana, hari terakhir sebelum ke bandara maksa dong beli nasi ayam. Sampai di bandara, kelihatan di X-ray, untung ga disita.

  2. Aku kalau ke Bali wajib mencari Nasi ayam bu Mangku. Agustus kemarin kerja sepuluh hari di Bali nggak sempat kemana-mana, hari terakhir sebelum ke bandara maksa dong beli nasi ayam . Sampai di bandara, kelihatan di X-ray, ditanya doang, untung ga disita.

  3. Suamikuuuu barusan ngomongin Bali! Pengen nginep 3 hari di Seminyak, katanya! Ajib bgt dah. Kyk di Sydney kurang lama aja liburannya 😆 (9bln bok!)

    1. Hehehe ayo Mam ke Bali 3 hari aja, sapa tau bisa kopdar.. Mumpung deket Oz – Bali 😉
      Yuk main2 ke Seminyak asal jangan pas high/peak season mam, kasian tempatnya penuh trus harganya mahal, takutnya kalian ga bisa menikmati.

  4. september tahun depan aku bakal ke bali gee.. *mudah2an jadi* hahaha.. ada married-an temen disana soalnya. haha.. pengen ke hanging garded dehh.. kyk.nya enak bngt gt disana. haha..

  5. Aku ma chicco pengen banget bawa bazyl ke bali terutama liat monyet2nya itu huehehe namanya minkey forest ya? Secara terakhir ke bali aku pas kuliah lama bangetttt T_T tapi belum ada waktunya chicco masih sibuk hiks. Klo adek ku ma sahabatku beuuhh almost every 3month ngabsen kesana.

    Aahh bai tanah karena hujan itu klo kataku uenaakk!! 🙂

    1. Iya kak Nisa, namanya Monkey Forest 🙂 Next time kalo ada waktu libur bisa mampir Bali, kan deket dari Oz hehehe. Wuih rajin banget adeknya ke Bali, kak. Udah kadung seneng ya 😀

      Iya bau tanah, bau baju toko, bau bensin, semuanya enak 😛 lol

  6. Uhuk. Biaya segitu uda cukup murah ya Ge, buat liburan di Bali pas high season.. *elus-elus ATM

    Makanya kalok ke Bali ngga pengen deh pas lagi rame. Soalnya bisa langsung kere. Hahah.. 😀
    Tapi aku penasaran sama nasi lawar. Errr, meski ngga boleh makan. Kamu uda makan belom? Enak kah?

    1. Iya buat liburan Beb, makanya kalo pergi sendiri kadang rugi~ kecuali kalo uda tau celahnya yg murah meriah hehehe.

      Ga pernah makan nasi lawar krn bumbunya ada yg pake darah, di agamaku dilarang, Beb 😀

      1. Iya beneeeer.. Sebagai solo traveling, ke Bali sendirian itu nyesek, Ge. Hahah.. 😀 Ngga bisa sharing cost, soalnya kalok sendirian jugak rasanya kemahalan. 😛

        Ooo..
        Sama dongs ya, agama ku jugak ngelarang karena pakek darah dia bikinnya. Aku googling gambarnya, serem jugak ih. Wkwkwk.. 😀

Leave a Reply

