Wisata Kuliner

Sabtu lalu libur Hari Raya Saraswati, hari ini libur Hari Raya Pagerwesi. Selamat hari raya untuk teman-teman beragama Hindu! Mari kita libur skripsi sejenak huehehehe.

Disini gua mau sajikan *halah bahasa gua* beberapa menu makanan yang menjadi cemilan gua selama 2 bulan ini. Biasalah.. Guilty pleasure tapi ga tobat-tobat. *buang timbangan*

image

Nemu di Kuta nih, tapi harganya jadi Rp25.000,- alias SGD 2.5~~~ Udah lama stall-nya ada tapi baru makan kemarin. Lumayan lah ga nemu di negara aslinya eh nemu KW-annya disini πŸ˜† Ga jauh dari CK yang letaknya di basement, menghadap pantai Kuta. Gua ga tau di SG bisa pilih-pilih rasa atau engga tapi kemarin gua pesen rasa duren, dong. Aseeekk!

image

Puding Tiramisu by Little MissCupcake. Harga pastinya lupa tapi ga nyampe Rp20.000,- rasanya? Just so-so.. Belum nyobain cupcake-nya sesuai menu utama disini tapi kapok dateng lagi. Menang di dekorasi doang.

image

Jadi kan gua dateng ke tokonya itu cuma karena iseng. Pengen tau gua sering lewat sini tapi ga pernah masuk. Gambling sih jadi pake perasaan netral aja (gigi 0 kalo di mobil) eh ga taunya malah minus. Pas liat-liat lokasinya, sebenernya sayang sih buka toko di ruko ini karena letaknya nyempil trus bukan tempat wisata gitu, hebat juga bisa bertahan lama. Gua datengnya pagi menjelang siang jam 11.30an mungkin ramenya pas sore ya waktunya afternoon tea *soktau* πŸ˜›

image

SoerabiBandung, tet tot tet tot tet! Jauh-jauh ke Bali cemilannya kok makanan Bandung. Tak apo lah yaaaa~ hoho. Sebagai fans-duren-garis-keras mari kita pesen yang judulnya Vla Durian. Temen gua pesen menu yang Coklat Keju. Lah gua malah eneg makan keju :)))
image

Waktu itu gua lagi main-main ke Kuta nyari makan malam, dan percayalah saudara-saudara, Soerabi segede gitu jadi desserts dong eaaaa. Trus main course-nya Sate Ayam. Gua pake nasi putih (masih belum ada nih resto yang pake pilihan nasi merah/coklat/hitam), temen gua pake lontong.

image

Enak! Rasa ayam mah ya gitu-gitu aja ga berubah tapi bumbunya dong juara πŸ˜€ Kalo kita makan sate kan biasa pake bumbu kacang doang, trus ditambah irisan jeruk nipis, nah disini ada bumbu tambahan lain.. Lihat di atas piring ada mangkuk kecil, itu isinya cuka buat rendaman timun, wortel. Caranya lu bejek-bejek (tekan halus juga bisa tapi ntar ga keluar aromanya) dulu tuh irisan timun+wortel di mangkuk kecil pake garpu trus cukanya tuang ke atas bumbu kacang, dikit aja. Aduk sama rata, lahap. Hmmmm! Seger nok~ ahahaha.

image

Sinful!!! Tapi tetep lah makanan ini bisa bikin gua bahagia hehe. Btw gua agak bingung deh kalo di Jakarta kan ini disebut martabak manis, yang pake bahan dasar telur ya martabak telor. Tapi di Bali nama tersebut berubah, yang sukses membingungkan gue! *lebay* Yang ini disebut Terang Bulan, saudaranya yang dari telor dibilang Martabak. Kalo di daerah lain sebutannya berubah juga ga???

image

Sama kayak duren, emang dasarnya penggemar sate, kalo ada sate-satean mari kita lahap. HAP! Sate lilit ini enaknya, walaupun ada bagian yang gosong terbakar, tetep aja rasa manisnya keluar. Pahit-pahit manis πŸ™‚ D’oh gimana ini penjabarannya hahaha. Ga tau deh pake bumbu apaan pokoknya di lidah gua enak aja gitu *ga niat nge-review, neng?* πŸ˜›

image

Gausah dibilang juga orang lokal tau kalau Ayam Betutu tuh enak banget! Yum!

Yak sekian catatan ekspedisi saya untuk hari ini dalam sesi kuliner.. Sampai jumpa di edisi berikutnya! πŸ˜‰ Salam perut gembul, nyehehehehe.

27 thoughts on “Wisata Kuliner

  1. Wahhh pengen ayam betutu ama sate lilit. Gw pas pernah dinas ke bali, ampir tiap hari minta dibeliin ayam betutu buat Lunch. Hahaha

    Btw di Surabaya juga sama nyebut nya terang bulan.

    1. Nagih banget ya Oom πŸ˜†
      Dulu di t4 kos ada yang jual per potong, ga ayam utuh, eh skrg udah gada lagi.. Sayang benerr pdhl enak.
      Iya nih Jakarta sok anti-mainstream πŸ˜› haha

  2. soerabi durennnnnnnn huaaaah jadi pengen hahaha.. di jkt juga udah ada tuh ge one dollar ice cream macem di spore gitu tp harganya gak beda jauh deh 13ribu – 15ribuan kalo ga salah tp belum nyoba juga sih baru liat doang hehehe

  3. aishh enak2 banget sih Ge makanannya jadi laperr 😦
    temen gw juga nyebut martabak manis terang bulan kok, dan martabak telor baru disebut martabak (tanpa embel2 telor)
    mgkn hanya jakarta yg dibikin jadi martabak manis dan martabak telor,
    berhubung gw anak jakarta jd gw belain bahasanya kita aja dah (apa coba wkwkwk), tapi gw juga bingung apa kemiripannya antara martabak manis ama terang bulan? πŸ˜†
    oiya gw malah ga gitu doyan ayam betutu kl yg pedes, kl ga pedes sih suka bumbunya hihihi

    1. Hehehe ayo Ci nyemil bareng πŸ˜€
      Temen lu daerah mana, Ci? Biasalah Jakarta, anti-mainstream wkwkwk
      Beugh kalo di gue, ayam betutu ga nampol kalo ga pedes! Makannya sambil keringetan hah huh hah huh hahahah

      1. hahahha gw juga doyan pedes tp ga kuat wkwkw
        temen gw anak surabaya tuh yg suka bahas terang bulan vs martabak manis πŸ˜›
        jadi apa dasarnya yah martabak manis disebut terang bulan πŸ˜†

      2. Kayaknya yg bikin ini, makannya sama pacar deh malem2 sambil ngeliatin bulan terang-benderang. Makanya tukang martabak jualannya malem2 kan Ci wkwkwk analisis sok tau gua neh πŸ˜›

  4. Untuk tambah bingung lagi di Jakarta namanya bukan hanya Martabak Manis tapi juga disebut Martabak Bangka atau Martabak Bandung.

    Ada juga yang sebut Martabak Terang Bulan.

      1. iya gue juga bingung deh Ge, kok bisa beda rasa gitu ya.
        Aduuuh 2016 kayaknya gue nginjek bali lagi, kangen sangat deh. Nanti kalo gue ke bali ketemuan yaaa πŸ™‚

      2. hoahahaha masiiih dong…gue soalnya dapet kerjaan baru Ge, selama setahun gak bisa cuti dulu hiks. so buat sementara stop jalan jalan dl.
        paling cepet gue ke bali lagi akhir 2015, huaaaa

  5. Martabak manis aka terang bulan! Hahaha
    Di makassar penyebutannya sama loh, terang bulan.
    Dan martabak telur ya disebut martabak
    Hahaha
    Awal2 di makassar sempat bingung klo mau pesen martabak manis tp bilangnya martabak keju ke abangnya,bukan terang bulan keju.
    Entah perasaan saya atau bukan,ya tapi koq enakan jakarta punya yah?!hahahaha

    Kalo di makssar martabak telur cuma dimakan pake acar thok!! Ga ada tuh kuah coklat yg asem pedes manis kya di jakarta.
    Trs klo terang bulan alias martabak manisnya,enakan jakarta punya lebih tebel sama isiannya variatif aja hehehe

    1. Aku anak Jakartaaaa haha, bilangnya Martabak & Martabak Telur ajah :p Walah aku kalo makan martabak telor polos2 aja kak ga pake acar ga pake bumbu2 lain. Tapi emang bener sih martabak manis di Jakarta lebih tebel, lebih enak

Leave a Reply

