Pecah Telooorr!

July 2013 to July 2014 from 82 kg to 68 kg. Officially lost my weight about 14 kg in a year. HIP HIP HURRAH!!! ❤ 

Perjuangan banget loh ini… Hihihi. Lumayan sempet kesel karena yoyo weight alias naik-turun tapi akhirnya berat badan gua sekarang under 70! Yeah! 

Jadi ya waktu berat gua 82 kg itu, gua udah merasa sumpek sesek napas dan susah gerak. Badan berat banget buat dibawa, leher udah ga keliatan, hidung pesek banget. Udah kayak babi -____- Aku benci! Itu masa-masa puncaknya tuh. Karena biasanya BB gua stabil di 78 kg eh ga tau gada angin / hujan darimana tiba-tiba bengkak aja gitu ke 82 kg! Pffftt.. Akhirnya gua memutuskan buat diet. 

g3
Tuh gembul kan hahaha

g1 g2

Diet cantik ya bukan diet sehat. Soalnya kalo diet sehat gua udah mulai sejak tahun 2010, udah pernah gua ceritain di blog lama tapi belum sempet nemu lagi postingannya, belum gua ubek-ubek haha.. Diet sehat udah bikin badan gua beneran sehat, gua ga gampang capek, ga gampang sakit, daya imun gua meningkat, plus tiap gua melakukan medical check up, hasil test selalu normal. Malah pernah gara-gara begadang, tensi gua tinggal 90/60 haha parah, kalo turun mah gampang tinggal dinaikin pake tidur/lari, kalo tensi tinggi kadang suka bingung turuninnya gimana. 

Nah diet cantik iniiii… Demi baju-baju cantik yang ada di lemari gua! Hihihi. Sayang udah lama ga kepake gara-gara badan gua menggembul. Jadi gua tuh bikin target, sebulan ada satu baju (setengah) baru yang harus bisa gua pake lagi, dari ga muat jadi muat. Dan itu berhasil! 😀 HURRAH! Diet cantik juga demi leher jenjang dan hidung mancung, gua ga suka leher + hidung tenggelam >,< Cetek banget ya alasannya LOL 😛 Dan diet cantik ini diutamakan juga dalam mencari pekerjaan. 

Udah banyak yah metode diet yang banyak dipakai orang dan kebanyakan berhasil. Semua tergantung niat aja. Dan setiap orang kenal dirinya masing-masing. Ada yang diet mayo, diet OCD ala Deddy Corbuzier, diet golongan darah, diet carbo, dll ampe pusing gue hehe. Nah biar ga repot, gua pake prinsip, “eat less, practice more.” Gua tetep makan makanan yang gua suka tapi dikasih limit. Trus gua mikir berapa banyak olahraga yang gua lakukan kalau misalnya gua makan sekeping donat. Kan manis tuh, gulanya bahaya bisa bikin diabetes kalo ga langsung dilawan. Trus gua juga mengurangi banget banget BANGET yang namanya carbs! Di nasi, mie, pasta (favorit gua semua). Nasi gua ganti pake beras merah, tapi ga sekaligus ini. Pelan-pelan dulu, waktu pertama kali diet, gua masak nasinya campur beras putih + merah. Kadang-kadang kecolongan juga makan mie goreng telur yang ringkas kalo gua lagi buru-buru, abis itu nyesel T^T hahaha. 

Kalo practice-nya, gua pake olahraga yang gua suka. Gunanya biar gua ga stress. Setau gua stress bisa bikin rusak metabolisme tubuh, sistem kerja tubuh jadi rusak so bukannya kurus malah makin gembul deh. Nah biar ga stress gua biasanya olahraga renang / jogging / dancing lagu-lagu Korea 😀 Trus gua juga latihan cardio untuk memperkuat kinerja jantung dan paru-paru, gua pake dari punyanya ko Denny Santoso yang ini: 

 

Kagak ada maksud promosi karena gua belum dibayar apa-apa *ngarep :P* tapi walaupun latihannya cuma sebentar, sweating banget lho! Waktu gua pertama kali latihan cardio ini, gua rasa keringet gua seember kali haha. Gua paling ga suka gerakan squat tapi lama-lama harus dijalanin biar otot paha gua kenceng, ga bleber-bleber kayak nenek-nenek ga berstamina. *ampun, Nek!* #NeneknyaSiapaaaa. Triknya biar ga bosen, gua pake sistem 1-1-1-, jadi 1 hari latihan cardio, 1 hari besoknya latihan dance, 1 hari berikutnya (lusa) istirahat dulu. Gitu terus. Variasinya gua pake push-up biar lemak perut dibuang (ada yang diubah jadi otot). Latihan dance lagu-lagu Kpop-nya sekitar 30 menit – 1 jam. 

Diet ini secara ga langsung ngajarin gua tentang komitmen dan konsistensi. Kayaknya emang semua jenis diet ya, musti ada komitmen dan konsistensi. 

And it’s worth the price! 

All had been paid off! 10 kgs more to go!!! 😀 

27 thoughts on “Pecah Telooorr!

  1. whoosaaah semangat! Hahahaha aku juga perlu diet nih, kayaknya biarpun udah food combining tapi kalo gembul mah sama aja :lol:. Lagian udah umur 30an ini berasa banget mau nurunin berat badan susah banget deh, kurangin makan aja gak cukup tapi mesti plus olah raga, padahal dulu pas umur 20an biar gak olah raga cuma atur makan badan gampang banget langsing nya 😆

    1. Iya kak mumpung aku masih 20-an mendingan olahraga dr sekarang biar pas “berumur” kulitnya kenceng hehe 😀
      Gpp kalo food combining demi kesehatan sih, mencegah timbulnya penyakit macem2 juga bisa kan 😉

  2. dikasih liat donk grace before afternya. ehehehe.. aku juga pake panduan denny santoso. 😀 cuma sekarang yah masih begitu2 aja latihannya. wkwkwk.. makanya nih berat juga gak turun2. hahaha..

    1. Before-nya udah ada diatas Ce, after-nya belum sempet posting~ nanti di-update lagi.. video2 dari Denny Santoso tuh pendek tapi efektif ya.. Ga makan waktu banyak dan hasilnya keliatan 😀

    1. Aku sih masih belum ada apa2nya Ce.. Temen bloggerku yang lain ada yang turun 20kg/thn sekarang tinggal jaga bodi aja. Iya ngumpulin niat emang susah ya, masih berceceran 😛
      Foto after-nya nanti ku-update ya Ce 😀

  3. gw jadi kepengen Grace!! gw kurang gerak dan kurang olahraga neh, perut meleber.. lagi cari metode praktis biar perut bisa rata, tapi paha tambah berisi (jelek banget kalo pake celana, pahanya bolong tapi perutnya majuu).. pindahin lemak gitu ceritanya hahahaa
    kalo berat badan justru pengen naikin biar bisa donor darah.. meskipun ga yakin kalo berat badan cukup darah gw diterima apa enggak, anemia soalnya..
    semangaaaatt grace 10 kilo lagi ^O^

    1. Ce kalo mau bagusin paha, pake gaya ‘squat’ di video yang di atas deh trus pas lakuin gerakannya, tahan perut biar bisa ngebentuk otot perut. Dulu gua gitu, perut lebih maju drpd dada, sekarang sbaliknya 😀
      Kalo mo naikin BB, pake detox Ci ntar gua coba posting yah cari resepnya dulu. Yg ini adek gua uda coba

      1. Iya Ce krn detox pake buah2an dan sayur aja, makan tiap 3 jam sekali tapi gua lupa menunya apa aja krn tiap bbrp hari skali ganti buah/sayur.. Trus pelaksanannya bentar cm 3 minggu tp harus dilaksanain pas libur ato load kerjaan ga banyak karena 1 minggu pertama bikin lemes, baru adaptasi.. sisanya badan udah terbiasa. Better start from weekend Jumat Sabtu Minggu

      2. Yah Ce musti dibiasain hehe krn setau gua kalo sering makan daging (protein hewani) nanti pas “berumur” kulit gampang kendor 😦 minimal keriput lah. Kalo protein nabati ga gitu2 amat. Ce Mey suka olahraga juga, ga?

      3. iya ge udah dipaksa nyokap makan sayur setiap hari haha.. meskipun ga doyan tapi tetep makan dikit2 soalnya dipaksa.. buah juga makan tapi dipaksa..
        olahraga gada yg rutin neh 😦 kadang berenang, ngegym, lari, bultang.. tapi semua cuma kalo lagi sempet doank, ga ada jadwal khusunya hehehe

      4. Pelan2 aja Ci yang penting konsisten nanti jadi kebiasaan kok. Gua juga dulu ga pernah olahraga, makan ga bener, tidur telat, jajan sembarangan, berantakan banget lah. Baru ini aja sejak tahun 2010 baru bener gaya hidupnya. Lama juga kan 4 tahun 😛

      1. gile, 20 kilo bok :0 aku mau nurunin lima kilo aja susahnya minta ampun Grace :D. soale musti disiplin sih ya. aku sih disiplin juga. tapi disiplin ngemil hahah 😀 *parah*

Leave a Reply

