2 TAHUN SUDAH …

… AKIK MENJOMBLO. 

*****

 

IH ga nyangka ya terakhir pacaran itu bulan Agustus 2012. Lama banget, mamen soalnya udah keburu HBL alias Haus Belaian Lelaki 😆

Jadi gini ceritanya, waktu putus tahun 2012 itu jujur aja bukan salah satu pengalaman yang manis. Karena gaya pacarannya sendiri ga sehat (dan gua nyari status doank). Akhirnya daripada makin ga beres untuk diri gua dan masa depan gua, putuslah kami. Gua yang putusin, tepatnya. Putusnya ga etis pula, ditelpon dan sambil marah-marah. Ga sekali-dua kali sih kayak gini tapi ya tetep aja ujungnya ga enak, kan.

Trus di twitter, sebenernya gua kenal @hitmansystem udah dari tahun 2011 tapi masih agak-agak gua cuekin gitu lah karena merasa masih belum butuh. HitmanSystem ini sendiri adalah kelas atau pelatihan yang mengajarkan bagaimana untuk mencintai diri-sendiri dan orang lain secara dewasa (gua nangkepnya gitu). Foundernya ada JetVeetlev, KeiSavourie, LexDePraxis. Gua belum pernah ketemu sama mereka satu kali pun tapi dari celotehan singkat di twitter, bisa dibilang mereka ramah. Kayaknya sih udah tergolong selebtwit ya karena mereka pernah diundang ke beberapa events dan tapping di beberapa acara TV.

Gua sendiri pun banyak belajar dari sana. Salah satu yang gua dapet adalah, berbagi kebahagiaan bersama pasangan. Bukan artinya hidup isinya seneng-seneng mulu ya, tapi coba diatur supaya kehidupan jadi lebih balance, kurangi ngeluh, perbanyak quality time dengan diri sendiri, dan lain sebagainya. Oh iya disini gua ga promote HS loh tapi mau sharing pengalaman aja.

So apa yang udah gua dapet dari (hampir) 2 tahun menjomblo? Jujur aja ini jomblo terlama gua sih dan ternyata, prinsip dasar HS udah hampir semuanya gua ikutin, Contoh, baik sama semua orang (ini mah wajib hukumnya), perhatiin penampilan (walo waktu dulu masih belum mahir dandan seperti sekarang), memperlakukan diri bak princess (maklum doyan ngayal dan dasarnya emang centil LOL), dll. Yah gitu deh pantes ternyata mantan gua lumayan banyak ya? Tapi jarang ada yang awet sampe lama karena ada satu prinsip dasar yang masih agak berat buat gua jalani, yaitu KOMITMEN. Gua ngiri sama salah satu sohib gua yang pacarannya bisa sampe bertahun-tahun gitu, dari awal masuk kuliah sampe sekarang udah mau wisuda. Enak sih saling support satu sama lain tapi lagi-lagi pertanyaan gua adalah: Emangnya ga bosen, yah?! Apalagi kayak kak Maria tuh pacarannya 9 tahun trus baru nikah akhir tahun lalu. Sembilan tahun woy ngapain aja?! 😆 Kalo gua jadi dia, udah eneg duluan kali 😆

Gua ini orangnya gampang bosenan. Mungkin karena suka nyoba hal-hal baru jadi kesannya gampang bosenan dan ga konsisten. Duluuu, gua kalo nyari pacar sebisa mungkin ga satu sekolah/ekskul/gereja/lingkungan pertemanan simply ya biar ga bosen aja 4L: Lu Lagi Lu Lagi. Gawat yah, padahal kan menikah itu nantinya bakalan hidup sama-sama sampe tua, tinggal satu atap, tidur dan bangun mukanya dia-dia lagi, semuaaaaa diomongin dari hal yang remeh tentang makanan pinggir jalan, badut di Dufan, celana kegedean, sampe tentang keuangan, anak, pekerjaan, living cost, dll. Jangka waktu hubungan terlama yang pernah gua jalanin adalah selama 1 tahun 4 bulan, Nah yang ini untung putusnya baik-baik.

Prinsip dasar dalam PDKT (penampilan, dialog, kencan, tango/touch) dan Jadian/Partner ato fase In-Relationship adalah 5K:  komunikasi, kepercayaan, komitmen, kompromi dan keintiman. Bisa baca disini. Komunikasi? Gua anaknya demen cuap-cuap dan gampang kepo so tentu saja tiap hari partner akan dibombardir cerita dan pertanyaan dari gua, yang tentunya akan semakin menarik kalo dia respon tindakan gua alias two-ways communication. Kepercayaan? Walaupun kadar cemburu gua agak tinggi, hampir apapun perasaan gua, pasti gua bilang ke doi yang bikin doi agak menjaga jarak dan jaga diri dari lawan jenis. Kompromi? I sih anaknya tergolong fleksibel karena terkadang ritme hidup seseorang yang berbeda, selama dia juga mau mengkompromikan hidupnya buat gua. Keintiman? Tipe afeksi gua adalah sentuhan dan melayani, gua paling demen dipegang-pegang, mencium-cium, dan dicium-cium, jalan sebisa mungkin gandengan tangan kurang intim apa lagi, tuh? *bukan gatel yeeee* Beneran deh tinggal Komitmen aja nih yang belum lulus!!!

Gua kangen disayang-sayang, gua kangen rambut gua dibelai-belai, kangen ada yang ngerangkul gua di pinggang ataupun di pundak, kangen berdiri di balkon ngeliat bintang sambil doi meluk gua dari belakang, kangen ciuman curian di pipi, kangen denger ada orang yang ngomong “sayang..” berkali-kali ga pake bosen, kangen ada yang nasehatin gua dengan caranya sendiri, kangen denger suara lelaki yang merdu, kangen lucu-lucuan sampe gila sampe orang lain ngelihat kami sebagai pasangan yang aneh.

 

Tapi itulah cara gua (dan future-partner-in-life) untuk saling mencintai.

12 thoughts on “2 TAHUN SUDAH …

  1. Komitmen itu pasti akan muncul sendiri kalo emang udh ketemu jodohnya. Kalo blm jodoh, emang pasti berasanya males komitmen karena takut bosen dll. Kalo ketemu jodoh, gak bakal kepikiran gitu lagi.
    Jd yg penting harus membuka diri, banyak bergaul dan berdoa aja biar segera ketemu jodoh lu… 🙂

    1. Iya ya mungkin karena belum ngerasa ‘klik’ aja dan belum merasa “he’s the one” makanya gua blm mau berkomitmen ya, Oom? Aplg waktu kecil kan pikirannya main2 mulu blm terlalu serius ato gimana… Kalo skrg pikirannya cari calon suami makanya jomblo 2 tahun buat dipikirin mateng2, Oom.

      Thank u for the advices, Oom Arman 😀

  2. Aih ge thank u sdh berbagi link :p
    Hmm sama gw jg blm berani bangun hubungan serius krna tkt gabs komitmen, gw gamw pny pacar cm bwt main2, rugi masa muda gw 🙂
    Tp bener tuh yg terpenting perbaiki kualitas diri dulu selagi masi single, biarpun single ttp hrz jaga penampilan, perbanyak sosialisasi,gaul, belajar, tmbh2 keahlian n melakukan hal2 positif niscaya pria yg terbaik akan segera tiba hihihi

    1. Sama2 🙂
      Iyah ce, itu! Gua pernah denger kalimat yang bunyinya gini, “jodohmu adalah cerminanmu.” Jadi pengen ‘ngaca’ (baca: refleksi diri) dulu gua 😆
      Makanya benerin kualitas diri dulu kan, jgn sampe kita sok nuntut apa2 ke pasangan eh… ga taunya musti kita yg perbaiki diri. Maluuu :p

      1. Setuju..kan pria baik utk wanita baik 😀
        Makanya krna gw pgn pria baik ganteng pinter rajin sabar mandiri jujur setia taat beragama rajin menabung bisa diandalkan dlm segala hal mapan tajir romantis ga pelit / perhitungan huahahaha gw hrz belajar mjd wanita seperti itu dulu @.@

  3. Aku jg orangnya bosenan loh Grace.. Tapi waku kemarin pacaran ya pinter2 kitanya aja cari kegiatan baru atau yang belum pernah dilakuin biar ga bosen. Yang paling penting dlm berkomitmen ya kitanya mesti lapang dada dan belajar nerima perbedaan masing2. Terus kalo memang jodoh pasti ga kemana 🙂
    Mudah2an kamunya cepet ditemuin sama lelaki idamannya yaa, hihihi 🙂

    1. HAMIN! *ngomentarin doa terakhir dulu hihi*
      Sebenernya ide kencan ku lumayan ga pernah abis kak soalnya aku kan kreatif, trus aku ga masalah sih kencan di rumah asal ga sering2 aja #tetep :p
      Yg kumaksud dengan ‘bosen’ adalah, ketemu tiap harinya itu… tp kalo uda nemu “s/he is the one” seharusnya ga bakalan bosen lagi kan ya 😀

Leave a Reply

